Aceh United Pindah ke Bireun

Pemain Aceh United melakukan selebrasi dalam salah satu pertandingan usai mencetak gol di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Jelang bergulirnya Liga 2 usai libur Asian Games 2018, Aceh United memutuskan pindah kandang dari Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhong Raya, Banda Aceh ke Stadion Cot Gapu, Bireuen.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Presiden Aceh United, M Zaini Yusuf yang dihubungi oleh Rakyat Aceh. “Pemindahan kandang Aceh United ke Bireuen benar adanya. Hari ini pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan verifikasi kelayakan stadion,” kata Zaini kemarin, Selasa (28/8).

Pemindahan kandang Aceh United sesungguhnya tidak begitu mengejutkan. Desah-desuh isu telah berkembang kurang lebih satu bulan terakhir di kalangan pencinta bola Aceh. Pasalnya, atmosfer penonton di SHB dalam perjalanan Aceh United tampak lesu. Dalam catatan Rakyat Aceh, hanya saat “Derby Baru” Aceh United vs Persiraja, stadion yang beralamat di Lhong Raya itu penuh.

Pemindahan markas diharapkan mampu memompa semangat berlebih kepada para pemain maupun pihak manajemen Aceh United dalam mengarungi sisa pertandingan Liga 2. “Tujuan kita ingin mencari suasana dan semangat baru di kandang baru di kota juang. Mudah-mudahan Stadion Cot Gapu lolos verifikasi,” harap Zaini penuh optimis.

Pemindahan kandang tersebut tampaknya positif, mengingat masyarakat Bireuen dinilai memiliki militansi dalam mendukung segala tindak-tanduk urusan sepakbola. Ditambah lagi, ada kerinduan besar yang menghinggapi benak publik Bireuen untuk menyaksikan tim besar bermain di Stadion Cot Gapu. Sejak PSSB Bireuen terseok-seok dengan segala permasalahan yang ada, dahaga akan suguhan sepakbola makin terasa.

Kehadiran Aceh United di Bireuen agaknya saling mengisi satu sama lain. Aceh United berharap memiliki basis suporter yang kuat, dan publik Bireuen ingin melihat sebuah tim yang bermarkas di sana.

Jika kita runut lebih dalam, ada kedekatan emosional antara Aceh United dan Bireuen. Tim berjuluk Laskar Iskandar Muda itu berada di bawah komando M Zaini Yusuf yang notabene adik kandung Irwandi Yusuf, dua putra Bireuen yang memiliki perhatian untuk sepakbola.

Stadion Cot Gapu yang akan menjadi kandang Aceh United diharapkan memberikan “tuahnya” dengan raihan kemenangan. Sejauh ini, Aceh United masih bertengger di urutan ke 7 klasemen sementara Liga 2 zona barat.

Hingga berita ini naik cetak kemarin, Somad dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang melakukan verifikasi kelayakan stadion dimaksud. (mag-81/rif)