Warga Mengeluh Pelayanan RSUD YA Tapaktuan

Suasana antrian di Poliklinik Rumah Sakit dr Yuliddin Away Tapaktuan, Selasa (28/8). Foto: Fathayatul Ahmad

TAPAKTUAN (RA) – Kurang maksimalnya pelayanan di BLUD RSUD dr Yuliddin Away (YA) Tapaktuan, membuat sejumlah keluarga pasien mengeluh.

Keluhan datang dari keluarga pasien yang mengantarkan keluarganya berobat di RSUD dr Yuliddin Away, Selasa (28/8) pagi. Keluarga pasien mengeluhkan lamanya waktu antrean saat proses pendaftaran di loket Pasien Rawat Jalan RSUD setempat.

Seperti yang dialami oleh keluarga pasien Adi Irwan (33), yang datang hendak memeriksa penyakit infeksi pembengkakan kaki yang derita keponakannya bernama Raihan (7). Ia mengaku sudah datang pada pukul 07.30 WIB, ia datang lebih awal dengan maksud agar tidak terlalu lama menunggu antrian.

“Saya sudah datang sekitar jam 07.30 WIB dan baru pukul 14.00 WIB lebih baru dipanggil untuk mengurus pendaftaran. Belum lagi lama menunggu di poli, hingga pukul 15.00 WIB baru selesai pemeriksaan,” katanya.

Menurut Adi, lamanya antrean untuk pasien berobat rawat jalan dikarenakan kekurangan jumlah loket yang tersedia di RSUD dr Yuliddin Away.

“Jumlah loket yang disediakan RSUD dr Yuliddin Away tidak mampu menampung banyaknya jumlah masyarakat yang datang berobat. Karena hanya dua loket yang tersedia, ditambah lagi minimnya petugas yang berada di bagian pendaftaran.

Seharusnya loketnya diperbanyak 3 sampai 4 loket. Kalau loket pendaftarnya banyak tentu akan lebih cepat selesai. Kasihan pasien yang dari pagi datang harus lama menunggu hingga sore,” tandasnya.

Ia berharap kepada pihak rumah sakit untuk menambah loket dan petugas di bagian pendaftaran sehingga pasien tidak harus lama menunggu antrian dan pelayananpun lebih ekstra.

Terpisah Kasie Pelayanan dan Penunjang Medik, Syairul Basni SKM, pada BLUD RSUD dr Yuliddin Away Tapaktuan, saat dikonfirmasi mengatakan pada hari ini masyarakat yang berobat meningkat sehingga membuat pasien harus lama mengantre.

“Hari ini ada sekitar 461 orang yang berobat di BLUD RSUD dr Yuliddin Away Tapaktuan, hal inilah yang membuat lamanya pasien menunggu,” singkatnya. (mag-79/bai)