BkkbN Aceh Beri Layanan KB dan Papsmer Gratis

LANGSA (RA) – Perwakilan BkkbN Aceh menggelar layanan KB (Keluarga Berencana) dan papsmer dengan metode Iva gratis kepada masyarakat.

Layanan ini diberikan dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tahun 2018 tingkat provinsi Aceh yang akan berlangsung pada Minggu (2/9) mendatang di Lapangan Merdeka, Kota Langsa.

Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd yang didampingi Kabid KB-KR, M Razali SE di Langsa, Jumat (31/8) mengatakan, pelayanan KB gratis di daerah perbatasan Aceh-Sumatera Utara, telah berlangsung pada Kamis (30/8) kemarin.

Sedangkan Papsmer dengan metode Iva berlangsung hari ini di Puskesmas Langsa Barat dengan jumlah ibu rumah tangga sekitar 100 orang.

Adapun pelayanan KB gratis berlangsung di Kecamatan Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Kegiatan ini, kata Sahidal, kerjasama BkkbN Aceh dengan Perwakilan BkkbN Sumut dalam memberi pelayanan KB gratis kepada masyarakat di daerah perbatasan kedua provinsi tersebut.

“Ini terobosan baru pelayanan yang kita berikan, sempena peringatan Harganas tingkat provinsi Aceh. Ada rangkaian kegiatan lainnya seperti hari ini pelayanan papsmer dengan metode Iva yang dilakukan di Puskesmas Langsa Barat.

Kita berharap pelayanan kesehatan khusus bagi kaum ibu ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat tentang kesehatan reproduksi,” ujar Sahidal.

Lanjut Sahidal pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BkkbN Sumut, Temazaro Zega, Pasiterdim 0117/Aceh Tamiang Kapten INF Abidin, Kanit Binmas Polsek Besitang Aiptu Wasman, OPD KB Kabupaten Langkat, OPD KB Aceh Tamiang, Camat Besitang dan Camat Seumedam.

Sementara itu, M Razali menambahkan, pada kegiatan pelayanan KB MKJP (Metode Korasepsi Jangka Panjang) gratis di wilayah perbatasan Aceh-Sumut terjaring Aseptor sebanyak 53 orang dengan rincian IUD sebanyak 23 dan Implant 30.

“Kalau untuk pelayanan papsmer metode Iva hari ini di Puskesmas Langsa Barat ada sekitar 100 ibu rumah tangga yang terlayani,” sebut Razali. (ril/bai)