Polwan Polda Aceh Peringati Hari Jadi

Polwan Polda Aceh, menampilkan tarian tradisional dalam memperingati HUT Polwan ke 70, di halaman Polda Aceh, Senin (3/9). Humas Polda Aceh

BANDA ACEH (RA) – Polwan Polda Aceh memperingati hari ulang tahun Polwan Republik Indonesia ke 70 dalam upacara yang digelar di halaman Mapolda Aceh, Senin (3/9)
Upacara HUT Polwan itu dipimpin langsung Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak dan dihadiri Wakapolda, para pejabat utama, Ketua PD Bhayangkari Aceh dan pengurusnya, para pamen, pama, bintara, PNS Polda Aceh dan sejumlah kepala sekolah di Banda Aceh.

Selain itu juga hadir jajaran Polwan dan sejumlah purnawiran Polwan Polda Aceh lainnya. Kapolda Aceh dalam upacara itu membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, ia mengatakan peranan Polisi Wanita dalam berbagai capaian kinerja serta prestasinya selama ini merupakan manifestasi dari pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Semoga ke depan, Polisi Wanita dapat terus berkarya dan meningkatkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” kata Kapolri.

Secara universal, kehadiran wanita dalam peran sebagai penegak hukum telah berjalan lama di banyak negara.

Bahkan sejak 1915, telah dibentuk International association of women police (IAWP) sebagai wadah organisasi internasional guna memberikan pengembangan profesionalitas, monitoring, pelatihan, serta pengakuan bagi petugas penegak hukum wanita.

Dikatakan Kapolri, di Indonesia, Polisi Wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika 6 orang wanita tangguh dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengikuti pendidikan Inspektur Polisi, guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas kepolisian kala itu.

Hingga saat ini Polisi Wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang atau 5,7 persen dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan, dengan tingkat kepangkatan yang bervariasi mulai dari Brigadir Polri (79,72 persen), Pama Polri (12,18 persen), Pamen Polri. (8,08 persen) dan Pati Polri (0.02 persen).

Di usia yang ke 70 ini, konsistensi dan komitmen Polisi Wanita untuk terus berprestasi diharapkan dapat terus meningkat. Untuk menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, termasuk peran sertanya untuk turut mensukseskan pengamanan agenda Kamtibmas.

“Saya berharap kepada Polisi Wanita untuk senantiasa mengasah diri dan meningkatkan motivisai serta keterampilannya. Saudari adalah srikandi-srikandi terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini,” kata Kapolri. (bai/rif)