Makam Habib Bugak Direnovasi

MAKAM HABIB BUGAK : Ketua tim wasev dari Mabes TNI Brigjen TNI Mar Purwadi bersama Bupati Bireuen H Saifannur,S.Sos dan pejabat terkait meninjau makam Habib Bugak, Senin (3/9) kemarin. FOTO ISTIMEWA

BIREUEN (RA) – Tim Wasev dari Mabes TNI yang dipimpin Brigjen TNI Mar Purwadi meninjau sasaran fisik operasi teritorial TNI tahun anggaran 2018, diwilayah Korem 011/Lilawangsa, kegiatan renovasi makam Habib Bugak Al Habsy, di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, Senin (3/9) sore.

Bupati Bireuen H Saifannur SSos dalam sambutannya mengatakan masyarakat Aceh dan khususnya Kabupaten Bireuen mengucapkan beribu terimakasih kepada pemerintah pusat melalui kegiatan Opster TNI ini, memugar makam Habib Bugak Al Habsy.

Habib Bugak Al Habsy merupakan salah satu ulama yang berasal dari Persia yang menyebarkan Syariat Islam di tanah Rencong khususnya di wilayah Kabupaten Bireuen. Juga merupakan saudagar kaya raya, dermawan telah mewakafkan harta bendanya dalam penyebaran Agama Islam.

“Hal ini terbukti pada yang saat musim haji, khusus bagi warga Aceh melaksanakan ibadah haji di Mekkah mendapatkan dana bagi hasil dari harta wakaf Habib yang dikelola oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” terang Saifannur.

Ketua Tim Wasev Opster TNI Brigjen TNI Mar Purwadi juga turut menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh komponen yang telah mendukung terlaksana kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar.

“Saya sangat bangga terhadap antusias dan semangat masyarakat Bireuen dalam rangka membangun daerahnya, hal ini terbukti dengan kerja sama yang baik antara seluruh komponen di Bireuen,” ujarnya.

Sambung Brigjen TNI Mar Purwadi pemugaran makam Habib bukan saja wujud penghargaan tetapi ada maksud dan tujuan lain yaitu, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar makam dalam pariwisata dan wisata rohani serta pendalaman sejarah bagi generasi penerus kita nantinya. (rah/min)