Erdogan Diberi Hadiah Pesawat Jet Mewah dari Emir Qatar

Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani telah memberi Erdogan pesawat itu. Menurut media Turki, pesawat itu merupakan pesawat Boeing 747 (Getty Images)

Harianrakyataceh.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memutuskan untuk menerima hadiah pesawat mewah dari Qatar di tengah kesulitan ekonomi Turki. Dilansir dari Reuters pada Senin (17/9), Erdogan mengatakan, itu adalah hadiah bukan pembelian. Pesawat itu telah disumbangkan ke negara Turki, bukan kepadanya secara pribadi.

Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani telah memberi Erdogan pesawat itu. Menurut media Turki, pesawat tersebut merupakan pesawat Boeing 747. Pemberian pesawat itu memicu kecaman keras dari pihak oposisi Turki.

Seorang anggota parlemen dari oposisi utama Republican People’s Party (CHP), Sezgin Tanrikulu menyatakan prihatin kalau pesawat itu merupakan pembelian, bukan pemberian. Apalagi saat ini Turki berada dalam krisis ekonomi, seperti dilaporkan surat kabar Hurriyet.

Erdogan Diberi Hadiah Pesawat, erdogan,
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memutuskan untuk menerima hadiah pesawat mewah dari Qatar di tengah kesulitan ekonomi Turki (Reuters)

Pesawat itu diketahui mampu membawa 400 orang. Namun untuk menunjukkan kesan ekslusifnya, pesawat hanya dipasang 76 kursi. Artinya hanya orang-orang tertentu yang bisa naik pesawat itu.

Erdogan mengatakan, Emir Qatar telah menyumbangkan pesawat yang katanya bernilai sekitar USD 500 juta ke Turki setelah mendengar bahwa Turki berminat untuk membelinya.

“Saya tidak akan mengambil uang dari Turki. Saya memberikan ini sebagai hadiah untuk Turki,” kata Erdogan kepada wartawan tentang penerbangan kembali dari Azerbaijan pada akhir pekan.

Saat ini, Turki masih bergulat dengan penurunan tajam dalam mata uangnya, inflasi dua digit dan diperkirakan mengalami penurunan ekonomi yang tajam.

(ina/ce1/trz/JPC)