Dalami BOP-PAUD Aceh Utara Tim Saber OTT Dinas Pendidikan

Rakyat Aceh

ACEH UTARA (RA) – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber-Pungli) Aceh, dikabarkan gelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Utara, Senin (17/9) malam.

Tim Saber Pungli itu gabungan Kejati Aceh dan Polda. Kasus yang ditanggani diduga terkait pungli pencairan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD) bersumber dari APBN tahun 2018.

OTT tersebut dibenarkan Humas Kejati Aceh, Munawar, menurutnya hingga kemarin tim masih melakukan penyelidikan. “Betul…betul…betul. OTT sudah kita lakukan, tim hingga sekarang masih di lapangan,” sebutnya, Selasa (18/9).

Menurutnya, dua orang terjaring dalam operasi tersebut. “Sedang dalam pemeriksaan dan tim sedang mencari barang bukti terkait kasus,” jelasnya lagi.

Namun hingga berita ini diturunkan, ia belum dapat memastikan inisial tersangka dan barang bukti yang telah dikumpulkan.

Sejumlah sumber di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, ASN yang sempat diperiksa tim saber Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) berinisial H, Kasie Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan PNF berinisial H, serta pegawai dan staf.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, S dan Bendahara Dinas R tidak diperiksa. Hal itu sesuai pengakuan bendahara dinas, pada Rakyat Aceh. “Itu mungkin persoalan di Bidang Paud, saya tidak dimintai keterangan,”ucapnya.

Pemeriksaan diduga dilakukan tim di ruangan Kabid Dikdas. Pasalnya, ruang tersebut dikunci dan tidak diperbolehkan ada yang masuk.

Sempat terpantau tim keluar dari ruangan sekitar pukul 16.00 WIB, disusul Kabid Paud dan PNF berinisial H. Ia juga enggan berkomentar terkait kasus tersebut. “Mau salat Ashar!” jawabnya singkat, saat ditanya terkait pungli.

Aktivitas kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayan Aceh Utara di Jalan Nyak Adam Kamil berjalan normal. Sementara ruang Kadis Pendidikan dan Kebudayaan terkunci.

Sementara itu, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan membenarkan, ada tim Saber Pungli yang turun ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara.

“Dari Tim Saber Pungli Provinsi, di bawahnya ada pemerintah daerah, Polda, Kejati. Sejauh ini kita belum ada informasi terkait ada tidaknya yang sudah diamankan. Tim masih melakukan pemeriksaan dalam kasus OTT itu,” ungkapnya. (arm/mai)