Pendidikan Aceh Adakan Expo

EXPO: Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, didampingi Kabid PAI Kanwil Kemenag Saifuddin AR, melihat karya siswa SMK, pada pembukaan Expo Pendidikan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Rabu (26/9). Mukhlis Paru/Tekkomdik Aceh

BANDA ACEH (RA) – Sebanyak 38 stan dari sekolah jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK serta Dayah yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti pagelaran Expo Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh yang berlangsung sejak 26-29 September 2018 di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh.

Expo Pendiidkan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hardikda ke-59 tahun 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, didampingi Sekretaris Disdik Aceh Muslem Yacob, Kabid Pembinaan SMK Teuku Miftahuddin, Kabid PAI Kanwil Kemenag Saifuddin AR, membuka secara resmi Expo Pendidikan Aceh yang berlangsung Rabu (26/9).

Syaridin, menyampaikan pagelaran Expo Pendidikan Aceh pada tahun ini menjadi momen penting bagi seluruh para peserta expo dalam menampilkan karya-karya terbaiknya kepada masyarakat serta menjadi salah satu peran penting dalam meningkatkan produktivitas seni kreasi di sekolah masing-masing.

“Kita semua berharap melalui momentum Exspo Pendidikan ini, kita perteguh tekad untuk dapat melahirkan generasi muda Aceh yang cakap, religius, kreatif, inovatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter keacehan yang kental yang mampu membawa perubahan Aceh kearah yang lebih baik lagi di masa depan dan akan lebih potensial untuk mewujudkan “Aceh Hebat,” ungkapnya.

Kadisdik Aceh menambahkan adapun tujuan melaksanakan Expo Pendidikan ini yaitu sebagai bagian dari bentuk evaluasi terhadap kreatifitas dan inovasi sekolah dan sebagai ajang unjuk prestasi siswa/siswi dalam bentuk karya seni yang mempunyai nilai ekonomis dan berdaya saing tinggi.

“Selain itu kita juga terus mendorong kepada pihak sekolah untuk meningkatkan produktivitas siswa/siswi secara mengoptimalkan untuk menghasilkan produk yang inovatif, sehingga dapat bersaing dengan produk dari daerah-daerah lain,” ujarnya.

Ketua Panitia Expo Pendidikan Aceh, Muslem Yacob, mengatakan beberapa agenda yang telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hardikda 2018 diantaranya Upacara Bendera yang berlangsung di Lapangan Tugu Unsyiah Darussalam Banda Aceh, Seminar Pendidikan yang berlangsung di Gedung Auditorium Aly Hasymy UIN Ar-Raniri Banda Aceh, Lomba olahraga dan lagu-lagu pendidikan, lomba Aceh Marching Band Championchip (AMBC) Piala Gubernur Aceh dan Piala bergilir Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

“Expo Pendidikan yang Insha Allah pada hari ini dibuka yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 29 September 2018 di Lapangan Balang Padang Banda Aceh, serta malam Rresepsi Hardikda yang akan dilaksanakan di SMK 1, 2 dan 3 Banda Aceh pada tanggal 29 September 2018,” ungkapnya.

Pada malam tersebut, Muslem menambahkan akan diberikan Anugerah Pendidikan oleh Gubernur Aceh kepada kabupaten/kota yang berprestasi di bidang pendidikan, guru terpencil, siswa-siswi yang berprestasi, kepada pendidik dan tenaga kependidikan serta peluncuran kurikulum Aceh, tegasnya. (ril/bai)