Gajah Mati Dijerat Pemburu

Gajah yang terkena jerat yang dipasang oleh pemburu di hutan di Desa Blang Tualang, Kecamatan Bireum Bayeun, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh, Selasa (18/9) lalu. For Rakyat Aceh.

IDI (RA) – Seekor gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus yang terkena jerat di hutan Desa Blang Tualang, Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur akhirnya mati, Sabtu (29/9).

Satwa dilindungi itu, sebelumnya terkena jerat yang dipasang pemburu. Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan bahwa, gajah berjenis kelamin betina itu awalnya telah coba diobati pihaknya bersama tim medis dari Vesswic.

Gajah yang diperkirakan berusia 40 tahun itu dikatakannya mengalami infeksi akibat luka di kakinya, malnutrisi berat, anemia serta mengalami gangguan pada ginjal dan hatinya.
“Setelah sempat diobati, kondisinya sempat membaik saat itu.

Namun selang beberapa hari, kondisinya malah semakin memburuk dan ambruk beberapa ratus meter dari lokasi semula,” imbuh Sapto.

Sapto menambahkan pihaknya beberapa waktu lalu bersama tim dokter dari vesswic dan BKSDA, dibantu Forum Konservasi Leuser dan WCS telah mencoba membantu berdirikan gajah dengan alat berat.

“Namun upaya ini juga tidak berhasil karena kondisinya memang sudah sangat lemas. Dan pada saat didirikan posisi gajah langsung rebah,” kata Sapto.

Untuk diketahui kematian gajah akibat jerat sudah sangat sering terjadi. Seperti beberapa hari sebelumnya, bayi gajah yang diberi nama Amirah juga mati setelah sempat menjalani perawatan beberapa bulan di PKG Saree, Aceh Besar.

Amirah sebelumnya ditemukan dalam kondisi kritis akibat terkena jerat yang dipasang pemburu di hutan Tangse, pedalaman Kabupaten Pidie.

Sementara Informasi yang dihimpun tahun 2013 lalu Seekor gajah dewasa juga ditemukan mati di kawasan perkebunan kelapa sawit PTPN I Aceh – Langsa, area Blang Tualang, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. Ketika itu Gajah tersebut diduga telah mati sejak tiga hari.

Saat ditemukan warga di Blang Tualang itu, gajah dengan berat sekitar hampir maupun lebih satu ton sudah tergeletak tak bernyawa,sadisnya lagi, gading dari gajah dewasa juga sudah diambil oleh orang tak dikenal. (mol/mai )