Warga Temukan Kerangka Korban Tsunami

Ist

CALANG (RA) – Warga Desa Gampong Dayah Baro, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya dihebohkan temuan kerangka manusia. Tulang-belulang yang ditemukan diyakini merupakan korban gempa dan tsunami tahun 2004.

 

Kerangka ditemukan Mustafa, warga Alue Piet, Kecamatan Panga, Aceh Jaya. Saat itu dirinya sedang mengali tanah untuk pembangunan talut.
Merasa ada yang janggal dengan benda menyerupai batu, lalu ia mengangkatnya. Belakangan diketahui bagian kerangka manusia.

 

 

Mustafa mengatakan tidak jauh dari kerangka tersebut adanya sarung bantal berwarna merah. “Setelah penemuan tersebut kami langsung mengabarkan pada perangkat Desa Gampong Dayah Baro sehingga warga berhamburan kelokasi kami berkerja,” kata Mustafa, Senin (1/10).

 

 

Sementara, Pj Keuchik Gampong Dayah Baro, Afrijal Adam menyebutkan kuat duga kerangka manusia tersebut merupakan korban gempa dan tsunami tahun 2004 silam.
“Namun walaupun demikian kami membawa kerangka ke Rumah Sakit Teuku Umar Calang untuk dilakukan otopsi jenis kelaminnya sehingga kita dapat mengetahuinya,” katanya.
Menurut perkiraan kami, kerangka tersebut kemungkinan masih anak-anak, dilihat dari tulang-tulang tersebut. “Nantinya setelah dilakukan otopsi akan kami makamkan di kuburan masal korban tsunami, sesuai dengan agama kita Islam, dikarenakan memang Daerah ini mayoritas muslim,” kata Afrijal.

 

 

Afrijal mengungkapkan dilokasi pembangunan talut tersebut memang sebelum pasca tsunami merupakan persawahan warga hingga kini.

 

 

Sementara Direktur RSUTU Calang, dr Suriadi, saat dikonfirmasi Harian Rakyat mengatakan bahwa kerangka manusia tersebut diperkirakan berusia 12-15 tahun untuk jenis kelamin laki-laki. “Kini telah kami serahkan kembali kepada keuchik agar dilakukan pemakaman di desa setempat. “Ada bagian tulang yang telah hilang dikarenakan telah menjadi tanah,” katanya. (mag-67/mai)