Banjir di Nagan Raya Meluas

MELUAS: Banjir di Gampong Ujong Krueng, Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya, Kamis (4/10) Foto: Ibrahim Istra

SUKA MAKMUE (RA) – Banjir yang terjadi di Kabupaten Nagan Raya terus meluas, yang sebelumnya hanya tiga Kecamatan, kini menjadi empat kecamatan dilanda banjir di daerah itu, Kamis (4/10).

Sebelumnya banjir hanya di Kecamatan Tipa Makmur, Tadu Raya dan Kecamatan Darul Makmur, kini banjir meluas hinga ke Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

Awalnya sebanyak 2.142 rumah warga di tiga kecamatan terdampak akibat banjir, Selasa (2/10) lalu. Namun, sekarang korban banjir bertambah dari data sebelumnya.

Pusdalops BPBD Nagan Raya, Agus Salim mengatakan, banjir yang melanda di tiga kecamatan itu awalnya sudah surut, namun dihantam hujan deras sehinga kembali terjadi banjir yang lebih luas lagi.

“Banjir di Darul Makmur semakin meluas. Sebelumnya di Kecamatan Kuala tidak banjir kini sudah mulai tergenang air, sedangkan di kecamatan Tripa Makmur banjir masih melanda di semua gampong, kemudian di Tadu Raya sebagian ada yang sudah surut,” kata Agus Salim.

Data pertama banjir Kecamatan Darul Makmur 258 rumah, Kecamatan Tadu Raya 644 rumah dan Kecamatan Tripa Makmur 1.240. “Kini petugas sedang mendata kembali korban banjir, termasuk di Kecamatan Kuala,” kata Agus Salim.

Terpisah, Camat Tripa Makmur, Rajab Sumitro mengatakan di daerah yang dipimpinya tergenang banjir meliputi Gampong Panton Penge 80 rumah, Ujong Krueng 130, Mon Dua 60, Neubok Yee PP 140, Neubok Yee PK 100, Pasi Keubedom 100, Kabu 40, Drien Tujuh 140, Keubeu Jagat (LKJ) 180, Babah Lueng 150 dan Gampong Kuala Tripa 120 rumah.

“Banjir di Tripa Makmur ini sebelumnya sudah mulai surut, tapi sekarang sudah mulai naik lagi seiring dengan hujan yang terus menguyur di daerah itu,” kata Camat. (ibr/bai)