Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 9 Oct 2018 10:22 WIB ·

Alasan Pencarian Korban Tak Diperpanjang


 GEMPA SULTENG: Seorang petugas kesehatan sedang memeriksa bayi pengungsi korban gempa di Sulawesi Tengah (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS) Perbesar

GEMPA SULTENG: Seorang petugas kesehatan sedang memeriksa bayi pengungsi korban gempa di Sulawesi Tengah (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

Harianrakyataceh.com – Hasil rapat pemerintah daerah (pemda) yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memutuskan, penanganan atau evakuasi korban bencana gempa disertai tsunami di Palu dan Donggala yang terjadi Jumat (28/9) lalu akan diakhiri pada Kamis (11/10) mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Rapat koordinasi tersebut melibatkan Kagasgabpad, Kapolda, BNPB, Basarnas, Bupati Sigi, Wali Kota Palu, OPD, Camat, Lurah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Menurutnya, rapat itu juga membahas penanganan korban di tiga wilayah terparah yang terdampak amblasan serta kenaikan jalan dan lumpur atau likuifaksi, yakni Petobo, Balaroa, dan Jono Oge. Peristiwa itu mengakibatkan kawasan tersebut kini rata dengan tanah, sehingga sulit dilakukan evakuasi.

“Kesimpulannya, evakuasi korban yang tertimbun oleh lumpur di Petobo, Jono Oge, dan amblasan di Balaroa akan dihentikan pada tanggal 11 Oktober 2018,” ujar Sutopo saat menggelar konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (9/10).

Alasannya, di hari ke-14 pasca bencana, korban dipastikan sudah meninggal dunia. Bahkan, jenazahnya bisa membahayakan masyarakat yang selamat.

“Korban yang dievakuasi bentuk jenazah sudah melepuh, tidak dikenali, jenazah yang ditemukan langsung dimakamkan karena berpotensi menimbulkan penyakit atau kuman,” jelas dia.

Sementara itu, evakuasi di Jono Oge belum dapat dilakukan karena kondisi lumpur yang masih basah seperti rawa, medan berat, dan belum adanya alat berat eskavator amphibi.

“Para tokoh agama dan tokoh masyarakat menyampaikan agar dipertimbangkan tidak melanjutkan evakuasi. Lokasi diusulkan menjadi tempat penguburan massal dan masyarakat dibangunkan permukiman,” tuturnya membacakan hasil rapat yang dilakukan kemarin, Senin (8/10).

Kemudian, lanjut Sutopo, Camat Palu Selatan dan Camat Sigi Biromaru mengusulkan evakuasi tidak dilanjutkan dan menjadikan lokasi penguburan massal. Sebab masyarakat sudah trauma untuk tinggal di lokasi tersebut. Sehingga mereka meminta agar dapat dibangun permukiman yang baru.

Bupati Sigi menyampaikan, untuk evakuasi korban masih dilakukan dapat dengan ahli waris. Dia ingin segera dibangun hunian sementara dan hunian tetap. “Lokasi huntara di pos pengungsian, lokasi huntap untuk relokasi di lahan HGU (hak guna usaha) Hasfarm, namun perlu dikaji oleh para ahli,” kata dia.

Terakhir, dalam rapat itu, Wali Kota Palu menegaskan perlunya melakukan kajian untuk lokasi hunian sementara dan hunian tetap relokasi. Dia meminta pembangunan 5.000 unit rumah untuk masyarakat Petobo, Balaroa, dan Pantai.

(yes/JPC)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Buka Bersama Pengurus TIM, Pemerintah Aceh Minta Masyarakat Aceh di Jakarta Tetap Harmonis, Satu Kata dan Satu Tujuan.

29 March 2024 - 21:23 WIB

Wakili Penjabat Gubernur Aceh, Asisten III Hadiri Undangan Peresmian Masjid Budhe Aqsa

29 March 2024 - 10:16 WIB

Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Empat Orang Luka Parah

27 March 2024 - 13:53 WIB

Xi Jinping Ingin Segera Bertemu Prabowo, Bahas Hubungan Bilateral

24 March 2024 - 14:39 WIB

2 Polisi yang Tewas Ditembak KKB Dievakuasi, Polda Papua Temukan 1 Korban Baru

22 March 2024 - 14:59 WIB

Siap-siap, Pendaftaran CPNS dan PPPK Bakal Dibuka Akhir Mei 2024

19 March 2024 - 14:49 WIB

Trending di NASIONAL