Closing Ceremony Akhiri Kegiatan GEMPAR 6 di Aceh Jaya

Rakyat Aceh/Ist

Aceh Jaya (RA) – Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat (GEMPAR) yang ke-6 telahmemasuki hari ketiga, Rabu, 10 Oktober 2018. Bakti sosial tahunan Fakultas KeperawatanUniversitas Syiah Kuala yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggaL 8- 10 Oktober 2018 ini138 mahasiswa baru 2018 dan 76 orang panitia dengan mengusung tema“SAWEU : Satukan Aksi Wujudkan Kepedulian”. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga desa yakni,Desa Pante Cermin, Desa Sabet, dan Desa Pasar Lamno, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

 

 

Kegiatan pada hari pertama, 8 oktober 2018, meliputi Penyuluhan Tingkat Usia SD, SMP,
dan SMA, Penyuluhan Open Defecation Free (ODF) dan Kesehatan Jiwa, Penyuluhan BantuanHidup Dasar (BHD), serta Home Visit.

 

Pada hari kedua, 9 oktober 2018, terdapat 5 kegiatan yang dilaksanakan yakni
Pengobatan Massal, Lomba Balita Sehat, Penyuluhan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Lomba
Masak Menu Sehat, dan diakhiri dengan Ramah Tamah dengan masyarakat.
Pengobatan Massal merupakan salah satu kegiatan unggulan yang diselenggarakan
dalam kegiatan GEMPAR 6. Kegiatan dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang dilaksanakan di

 

Paud Desa Ceureumen. Kegiatan diikuti oleh 126 masyarakat dari ketiga desa tersebut. Padapengobatan massal ini masyarakat dapat menyampaikan keluhan mereka terkait masalahkesehatannya serta memperoleh pengobatan secara gratis.

 

 

Pada waktu yang sama pula diselenggarakan Lomba Balita Sehat di Puskesmas
Pembantu (Pustu) Pante Cermin yang diikuti oleh 30 balita. Kegiatan ini bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan dan kepedulian ibu akan status gizi anak sehingga anak dapat
tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

 

Kegiatan selanjutnya yaitu Penyuluhan Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui yang
diselenggarakan di SD Negeri 8 Jaya. Kegiatan yang diikuti oleh 15 orang ibu hamil dan dan ibumenyusui ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan pada ibu hamil dan ibumenyusui tentang nutrisi saat kehamilan, pijat bayi, pijat oksitosin dan pentingnya ASI eksklusif.

 

Pada sore hari kegiatan dilanjutkan dengan Lomba Masak Menu Sehat. Kegiatan ini
diikuti oleh 15 orang peserta yang dibagi kedalam 5 kelompok masak. Lomba masak ini
diselenggarakan agar masyarakat dapat megolah bahan makanan lokal menjadi menu makananyang sehat.

 

Kegiatan di hari kedua ini diakhiri dengan acara Ramah Tamah dengan masyarakat untuk
mempererat tali silaturrahmi antara mahasiswa keperawatan Universitas Syiah Kuala dengan masyarakat di ketiga desa tempat terselenggarakannya GEMPAR 6 ini. Kegiatan ini dilaksanakandi Meunasah Desa Sabet.Memasuki hari ketiga, 10 oktober 2018, terdapat 2 kegiatan sisa GEMPAR 6 yangdilaksanakan yaitu gotong royong di beberapa lokasi kegiatan GEMPAR 6 (SD Negeri 8 Jaya,SMP Negeri 1 Jaya, Paud Desa Sabet, Puskesmas Pembantu (Pustu) Pante Cermin, Balai DesaPasar Lamno). Kegiatan terakhir untuk menutup serangkaian acara yang diselenggarakan oleh

\

 

 

GEMPAR 6 ini adalah Closing Ceremomy . Kegiatan ini resmi ditutup oleh Ns. Yusran, S.Kep.,sebagai perwakilan Dinas Kesehatan Aceh Jaya.Acara diakhiri dengan pemberian plakat kepada Bupati Aceh Jaya yang diwakilkan olehAsrijal, SE., selaku Camat Jaya dan kepada Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya yang diwakilkanoleh Ns. Yusran, S.Kep., selaku Kepala Bidang Pelayanan dan SDM kesehatan Dinas KesehatanAceh Jaya yang diberikan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep.“Kami akan selalu menerima dengan tangan terbuka kapanpun kedatangan adik-adikmahasiswa keperawatan semuanya, karena masih banyak masyarakat kami yang butuhsentuhan tangan adik – adik sekalian. Serta kami sangat senang dapat membantu adik- adikmahasiswa keperawatan mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat di bangku perkuliahanselama ini.” Ungkap Ns.Yusran, S.Kep., selaku kepala bidang pelayanan dan SDM kesehatanDinas Kesehatan Aceh Jaya.

 

Beliau juga mengucapkan terima kasihnya pada panitia dan peserta yang telah terlibat
dalam pelaksanaan GEMPAR 6 ini, “Saya juga berterima kasih terhadap kontribusi adik – adikmahasiswa keperawatan sekalian yang membantu kami khususnya dalam bidang kesehatandan kebersihan. Dan kami juga menunggu kedatangan dan kegiatan yang adik – adik mahasiswa lakukan di tahun – tahun yang akan datang.” Tambahnya.