Ajak Masyarakat Jaga Keindahan Kota

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman (tengah) memberikan piala kepada perwakilan masyarakat saat menutup Lingkungan Hidup Expo di Banda Aceh, Kamis (11/10). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Segenap elemen kota diajak untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan kota. Kota yang bersih dan indah akan memberi banyak manfaat bagi warga yang tinggal di dalamnya.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat menutup Lingkungan Hidup Expo yang digelar DLHK3 Banda Aceh di Taman Sari, Kamis (11/10).

“Saya minta mulai dari jajaran pemerintahan kota, kecamatan, gampong, dan sekolah-sekolah untuk mempelopori gerakan Banda Aceh bersih. Dengan begitu, sekaligus kita juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan dan keindahan,” katanya.

Pemko Banda Aceh sebut wali kota sangat fokus dalam hal tersebut karena Banda Aceh merupakan barometer dan etalase-nya Aceh dalam semua sektor, tak terkecuali kebersihan dan keindahan kotanya.

“Di samping syarat mewujudkan masyarakat yang sehat, kebersihan pula yang menjadi modal besar bagi Banda Aceh untuk mendukung sektor pariwisata.

Kota yang bersih dan asri akan menjadi ‘buah bibir’ bagi setiap tamu yang datang ke Banda Aceh,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan target nasional Indonesia Bebas Sampah 2025, dirinya bertekad menjadikan Banda Aceh sebagai kota terbersih di Indonesia. “Tak dapat kita pungkiri, sampah kini sudah menjadi persoalan dunia.

Dan yang menjadi tugas berat adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, minimal untuk membuang sampah pada tempatnya.”

Tak ketinggalan, wali kota memberikan kredit khusus kepada DLHK3 Banda Aceh yang telah menggelar Lingkungan Expo 2018. Kegiatan ini menjadi wadah edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

“Tahun depan tolong Pak Kadis ditambah dua kali lipat nominal hadiah untuk para pemenang ragam lomba yang digelar dalam expo ini, agar semakin memotivasi siswa dan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota,” pungkasnya.

Selama dua hari penyelenggaraannya, Lingkungan Expo 2018 dimeriahkan dengan beragam perlombaan, mulai dari lomba cerdas cermat antar instansi pemerintahan, stand pameran daur ulang tingkat gampong, hingga lomba mars kebersihan tingkat sekolah se-Banda Aceh. (ril/rif)