Tuha Peut Diberi Sosialisasi Narkoba

Banda Aceh (RA) Sekitar 40 perangkat gampong (tuha peut) di Banda Aceh diberi sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba yang disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjen Pol Faisal Naser, Senin (13/10).

 

 

Sosialisasi ini merupakan agenda rutin dari badan narkotika mulai nasional, provinsi dan kabupaten/kota kepada semua stake holder dan masyarakat untuk mengatasi peredaran dan pemakai narkoba.

Untuk mengantisipasi dan mengurangi peredaran dan pemakai narkoba kata Faisal BNN dan BNNP telah menggantikan tanaman alternatif siap diberikan kepada petani ganja. Ini dimaksudkan agar tanaman haram semakin berkurang di Aceh.

Kita sudah lakukan penanaman di tiga kabupaten yakni Aceh Besar, Bireuen dan Gayo Lues. Dan program tanaman alternatif ini sebagai pengganti tanaman ganja tersebut.

Sementara salah seorang peserta mengatakan, pelanggaran narkoba ini harus dibekali dengan pendalaman agama dan ini merupakan dinas terkait, seperti dinas syariat Islam, tugas ini sangat berat seiring arus informasi yang kadang masuk kurang tersaring. Maka perlu sharing atau koordinasi antar lembaga.

Kemudian sangat perlu peran perangkat desa sehingga saling menasehati khususnya bagi kaum pemuda gunanya untuk menekan dan membentengi diri dari bahaya narkoba di setiap desa. (imj)