Delapan Formasi CPNS Nihil Peminat

Net.

SIMEULUE (RA) – Setelah ditutup dengan resmi pendaftaran CPNS, 15 Oktober 2018 lalu, sekitar 3.150 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, telah sukses mendaftar diportal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SCCN) di Kabupaten Simeulue.

Dari 3.150 orang pelamar yang telah sukses mendaftar melalui sistem SCCN, sebanyak 3.076 pelamar telah submit, kemudian 150 pelamar belum terverifikasi serta 117 pelamar masih dipending lamarannya, karena persyaratannya belum lengkap.

Hal itu dijelaskan Sabu Nasir SAg MSi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Simeulue, Kamis (18/10).

Masih menurut Sabu Nasir, dari ribuan pelamar CPNS yang telah mendaftar tersebut, sejumlah formasi yang tersedia, dinyatakan nihil pelamar dan peminat dan adapun formasi CPNS yang tidak ada peminat itu yakni, Dokter Umum sebanyak satu orang, serta formasi Pendidikan S-1 sebanyak satu orang.

“Ada sejumlah formasi yang tidak ada pelamar dan yang terbanyak formasi kesehatan, apakah ini karena kendala faktor usia atau kendala persyaratan lainnya, saya juga kurang paham,” imbuhnya.

Tahap pelaksanaan seleksi secara online akan dilaksanakan di gedung serba guna milik Pemkab Simeulue dan dari ribuan pelamar yang telah mendaftar itu, 85 persen pelamarnya merupakan warga setempat.

Sementara kuota PNS untuk Simeulue yang direstui BKN Pusat tahun 2018, hanya mendapat sebanyak 239 orang dari 900 orang yang diajukan oleh Pemkab Simeulue, namun dari kuota yang direstui itu, didominasi lulusan disiplin ilmu dari Pendidikan dan Kesehatan. (ahi/bai)