PELATIHAN JURNALISTIK HARIAN RAKYAT ACEH

Peserta dan paniatia foto bersama/Hendrik

BANDA ACEH (RA)-Sebanyak 50 peserta pelatihan jurnalistik dari kalangan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Harian Rakyat Aceh, terlihat sangat antusias. Para mahasiswa ini berasal dari tiga Universitas yang ada di Banda Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala, Universita Islam Negeri Ar Raniry serta Universitas Iskandar Muda.

Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Kyriad Muraya Hotel Aceh, Sabtu Kemaren. Ketua panitia pelaksana, Muhammad Susahdi menyebutkan pelatihan yang diberi tema “Asyiknya Menulis Berita,” diselenggarakan oleh Harian Rakyat Aceh, untuk memberi pengetahuan tentang tehnik menulis berita, tehnik menulis feature dan fotografi kepada mahasiswa.

Adapun untuk tehnik menulis berita, disampaikan oleh Redaktur Pelaksana (Redpel) Rakyat Aceh, Baihaqi. Sedangkan menyangkut Fotografi disampaikan oleh Redaktur Foto Rakyat Aceh, Eno Sumarno. Sementara untuk Tehnik Menulis Feature, langsung pematerinya Pimpinan Redaksi Rakyat Aceh, Maimun Saleh.

“ Kita juga membuat game dalam bentuk membuat dami Koran kepada mahasiswa. Game ini sekaligus kuis dan dipilih yang terbaik sebagai pemenang,” kata M Susahdi.

Sementara Asiyah salah seorang peserta dari kampus Unsyiah Banda Aceh mengaku sangat puas terhadap materi yang diberikan. Ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang ilmu jurnalistik pada dirinya.

“Kalau ditempat kuliah kami ada juga dapatkan ilmu jurnalistik, tapi belum detail, banyak teori. Tapi kalau disini langsung sama wartawan yang memiliki pengalaman di lapangan,” sebut Asiyah yang merupakan mahasiswa ilmu komunikasi Unsyiah.

Pelatihan ini sendiri dibuka oleh Pimpinan Umun Harian Rakyat Aceh, bapak Imran Joni. Selain para peserta menambah ilmu pengetahuan tentang jurnalistik, para peserta juga mendapat hadiah kuis bagi yang terbaik dalam menulis sebuah berita dan menulis sebuah feature serta game dengan berkelompok dengan mendapatkan uang tunai dari Bank Aceh berupa tabungan. (Ibi/msi)