Xenia Tabrak Tronton Parkir Tiga Meninggal dan Empat Luka Parah

Xenia Tabrak Tronton Parkir Tiga Meninggal dan Empat Luka Parah

ACEH UTARA (RA)– Mobil Daihatsu Xenia Silver bernomor polisi BL 708 N menabrak truk tronton BL 8341 LP yang terparkir di bahu kiri jalan. Akibat tabrakan maut itu, tiga penumpang mobil Xenia meninggal dunia dan empat lainnya luka serius.

Lokasinya, di Jalan Medan-Banda Aceh, kawasan Gampong Cibrek Tunong, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, pukul 07.00 WIB, Minggu (21/10). Diduga mobil Xenia yang dikemudikan Kudus (58) warga Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe melaju dengan kecepatan tinggi.

Warga di lokasi kejadian, sangat terkejut mendengar suara benturan keras. Langsung berhampuran keluar rumah untuk melihat dan menolong korban tabrakan tersebut.

Mobil Xenia mengalami rusak parah setelah menabrak bagian belakang kanan truk tronton. Korban berlumpuran darah dan terjepit dalam mobil Xenia. Dilokasi, selain masyarakat juga tiba anggota Polsek Syamtalira Aron untuk menolong korban dan mengatur lalulintas.

Kasat Lantas Iptu Sandy Titah Nugraha, menyebutkan, begitu mendapatkan informasi tabrakan itu, pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian.

Tabrakan bermula saat mobil truk tronton yang dikemudikan Nurdin (38) warga Cenamproeng, Lamno, Aceh Jaya, melaju dari arah Timur (Medan) ke arah Barat (Banda Aceh). Namun, di lokasi kejadian truk tiba-tiba mogok dan rusak sehingga berhenti di bahu jalan pada pukul 00.00 dini hari.

Kemudian, pukul 07.00 pagi, dari arah yang sama, datang mobil Xenia dengan kecepatan tinggi. Diduga sopir hilang kendali dan langsung menabrak truk tronton dari belakang yang sedang terparkir tersebut.

“Jadi hasil olah lokasi kejadian, menunjukan truk tronton yang parkir karena rusak, sudah memasang rambu segitiga pengaman sekitar 15 meter dan dekat dengan Polsek Syamtalira Aron,”ucap Kasat Lantas Iptu Sandy Titah Nugraha, kemarin.

Di lokasi juga tidak ditemukan jejak atau bekas tapak rem dari mobil Xenia dari arah Medan menuju Banda Aceh, sebelum tabrakan terjadi. Bahkan, saat menabrak bagian belakang truk tronton tidak ada saksi mata yang melihat insiden tersebut.

Tiga korban yang meninggal dunia, yakni Bripka Timbul Siahaan (44), Lengsi Purba (60) dan Ida Susanti Purba (36). Mereka beralamat di Aspol Kota Cane, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara.

Sedangkan, empat penumpang Xenia yang mengalami luka berat dan kini dirawat di RSU Cut Meutia Lhokseumawe. Masing-masing, Kevi Gantara (11), Charen (4), Loisa Siahaan (51) dan Kudus (58). Ke empat korban ini asal Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Selain itu, sambung Kasat, barang bukti berupa mobil Xenia dan truk tronton sudah diamankan ke Unit Lakalantas Lhoksukon, Polres Aceh Utara.
“Saat ini kita masih memintai keterangan sopir truk tronton dan saat kejadian tabrakan kernetnya sedang beli kopi,”ujarnya. (arm/mai)