14 Ribu CPNS Berebut 25 Formasi Sipir

Petugas mendata peserta calon Pengawai negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham mulai mengikuti tes tahapan awal di Banda Aceh, Senin (22/10). HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Sebanyak 14,993 Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, mulai mengikuti tes tahapan awal.

Tes tersebut berlangsung di Stadion Dimurtalla, Lampineng Banda Aceh, Senin (22/10). Di sana CPNS diperiksa tinggi badan dan keabsahan berkas.

Kakanwil Kemenkum HAM Aceh, Agus Thaip mengatakan meskipun hingga belasan ribu yang ikut tes, panitia hanya menerima 25 orang. Nantinya ditempatkan sebagai penjaga tahanan LP di Sabang. Katanya, jumlah yang diterima sesuai dengan permintaan dari pemerintah.

“Dari belasan ribu ini, kita hanya menerima 25 orang, ini kesempatan kita yang memilih yang terbaik dari belasan ribu peserta,” sebutnya.

Menurutnya, antusiasme peserta yang ikut tes juga terjadi tahun sebelumnya.
“Kita hanya buka di Sabang, karena tahun sebelumnya di Sabang belum dapat jatah pengawai baru,” katanya.

Selain 25 orang yang diterima dari tamatan SMA, juga sebutnya pihaknya juga membuka peluang untuk tamatan D3 sebanyak lima orang, dan S1 sebanyak 16 orang.
“Iya kita juga buka calon dari D3 dan tamatan S-1, juga kita tes secara bersamaan nantinya,” sebutnya.

Ia menyebutkan penjaga di Lapas atau Rutan belum mencapai target. Saat ini tenaga Sipir sebanyak 600 orang, sementara napi 800 orang. “Ini menurut saya belum ideal, kalau idealnya 1 banding 20 orang, jadi tenaga Sipir belum ideal,” sebutnya.

Sementara itu salah seorang peserta Tes Nova mengatakan, meskipun kecil kemungkinan mendapatkan peluang untuk lewat. Dirinya mengakui tetap ikut disebabkan sempitnya lapangan kerja.

“Saat ini sulit mendapatkan kerjaan, makanya saya coba, siapa tahu lewat. Memang sih sulit karena sedikit tapi siapa tahu beruntung, pokoknya tes,”sebutnya. (ibi/mai)