Babinsa Lanjutkan Program Jambanisasi

Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan, Kodim 0109/Singkil, lanjutkan pembuatan jambanisasi, Seni (22/10) Dokumen Kodam IM

ACEH SINGKIL (RA) – Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan, Kodim 0109/Singkil, lanjutkan pembuatan jambanisasi yang merupakan salah satu usaha menciptakan kesehatan masyarakat desa terutama bagi warga yang belum mempunyai jamban keluarga.

Pembuatan jamban keluarga yang dilaksanakan kali ini dipimpin oleh Sertu Jabarsyah, beserta beberapa orang babinsa lainnya dilaksanakan di Desa Ujung Limus, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, salah satunya dirumah, Hasan, Senin (22/10).

Menurut Sertu Jabarsyah, pembuatan jamban yang dilaksanakan ini merupakan salah satu usaha menciptakan kehidupan masyarakat desa yang lebih sehat karena buang air besar disembarangan akan bisa menjadi sumber penyakit.

Lebih lanjut, Sertu Jabarsyah, menambahkan dengan adanya jambanisasi ini diharapkan masyarakat sadar akan arti pentingnya kebersihan di lingkungan tempat tinggalnya, serta hal ini juga bertujuan untuk mengurangi kebiasaan masyarakat untuk buang besar di sungai karena dapat mencemari air sungai dan menimbulkan penyakit bagi lingkungan sekitar.

Sementara itu, Komandan Koramil 04/Simpang Kanan, Kapten Inf Asfimal mengatakan, kegiatan pembuatan jamban ini merupakan program TNI AD melalui Satuan Teritorial yang dilaksanakan langsung oleh Koramil melalui Babinsa, disamping itu juga merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat khususnya yang belu memiliki jamban keluarga. (ril/bai)