Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 23 Oct 2018 10:14 WIB ·

Ini Dia Jembatan Terpanjang Atas Laut di Dunia


 Jembatan laut terpanjang di dunia, yang menghubungkan Hongkong, Macau, dan daratan Tiongkok akan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Oktober 2018 (Reuters) Perbesar

Jembatan laut terpanjang di dunia, yang menghubungkan Hongkong, Macau, dan daratan Tiongkok akan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Oktober 2018 (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Sebuah jembatan dengan nilai USD 20 miliar menghubungkan Hongkong dan Macau ke daratan Tiongkok, tepatnya Kota Zhuhai yang akan dibuka pekan ini. Dilansir dari CNN pada Senin, (22/10), pembangunan tesebut menandai selesainya jembatan terpanjang di atas laut yang pernah dibangun. Pembangunan menghabiskan waktu sembilan tahun sejak konstruksi dimulai.

Presiden Tiongkok Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri upacara di Kota Zhuhai pada hari Selasa, (23/10), bersama dengan pejabat tinggi dari Hong Kong dan Macau. Jembatan 55-kilometer (34 mil) awalnya akan dibuka pada tahun 2016, tetapi penundaan yang berulang kali mendorongnya hingga tahun ini.

Jembatan ini menjadi elemen kunci Tiongkok karena mencakup 56.500 kilometer persegi (21.800 mil persegi) di seluruh Tiongkok selatan, dan mencakup 11 kota, termasuk Hong Kong dan Macau, yang merupakan rumah bagi gabungan 68 juta orang.

jembatan terpanjang, hongkong, tiongkok,
Meskipun fokus pada waktu mengemudi namun, pemilik mobil pribadi di Hong Kong tidak akan dapat menyeberangi jembatan tanpa izin khusus (Reuters)

Para pendukung gagasan mengatakan jembatan itu akan memangkas waktu perjalanan antara kota-kota dari tiga jam menjadi 30 menit yang memungkinkan komuter dan wisatawan untuk dengan mudah bergerak di sekitar wilayah tersebut.

“Dengan jembatan itu, waktu perjalanan antara Hong Kong dan wilayah Western Pearl River Delta akan diperpendek secara signifikan, sehingga membawa kawasan Delta Sungai Pearl Barat dalam waktu tiga jam perjalanan dari Hong Kong,” kata Sekretaris Transportasi Kota, Frank Chan.

Meskipun fokus pada waktu mengemudi namun, pemilik mobil pribadi di Hong Kong tidak akan dapat menyeberangi jembatan tanpa izin khusus. Kebanyakan pengemudi harus parkir di pelabuhan Hong Kong, beralih ke bus antar-jemput atau mobil sewaan khusus setelah mereka melalui imigrasi. Shuttle bus biaya USD 8- USD 10 untuk sekali perjalanan tergantung pada waktu hari.

Proyek jembatan juga berbuah kritik sengit di Hongkong, di mana ada sedikit permintaan publik atau keinginan untuk hubungan yang lebih besar ke Macau atau Zhuhai, dan ketakutan kota itu akan dibanjiri oleh turis dari daratan Tiongkok. Pada 2016, Hong Kong mendapatkan 56,7 juta kunjungan turis, dibandingkan dengan 37,6 juta untuk Inggris, negara yang jauh lebih besar.

Jembatan laut terpanjang di dunia, yang menghubungkan Hongkong, Macau, dan daratan Tiongkok akan dibuka untuk lalu lintas pada 24 Oktober 2018.

“Anda tidak dapat melihat koneksi transportasi yang ada. Tapi jembatan ini sangat terlihat. Anda dapat melihatnya dari pesawat ketika Anda terbang ke Hong Kong, dan itu mempesona,” kata anggota parlemen Claudia Mo kepada CNN pada awal tahun.

“Ini menghubungkan Hongkong ke Tiongkok hampir seperti tali pusar. Anda melihatnya, dan Anda tahu bahwa Anda terhubung ke ibu pertiwi,” imbuhnya.

(ina/JPC)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

DK PBB Akhirnya Sepakati Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

27 March 2024 - 13:58 WIB

Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Akhirnya Disahkan oleh Dewan Keamanan PBB, AS Pilih Abstain

26 March 2024 - 14:13 WIB

Biadab! Tak Kapok Dikecam, Israel Kini Lancarkan Operasi Militer Baru di Khan Younis, Gaza selatan

25 March 2024 - 14:21 WIB

Pj Gubernur Bustami Minta Panita Besar Wilayah Aceh Pacu Persiapan PON

16 March 2024 - 16:48 WIB

20 Warga Palestina Tewas, 155 Luka-luka Akibat Ditembaki Tentara Israel saat Menunggu Bantuan di Jalur Gaza

15 March 2024 - 14:42 WIB

520.000 Warga Zionis Israel Tercatat Menderita Gangguan Mental Sejak 7 Oktober

14 March 2024 - 14:13 WIB

Trending di INTERNASIONAL