Migas Aceh Utara Kembali Disurvei

Ilustrasi

ACEH UTARA (RA)– Kabupaten Aceh Utara, dikenal sebagai daerah penghasil minyak dan gas bumi (Migas) di Indonesia. Kini, PT Abhitech Matra Indah mulai melakukan survei umum seismic 3 dimensi (3D) di wilayah lepas pantai utara, Aceh Utara.

Survei itu untuk pemetaan dan menyajikan data terbaru perkiraan potensi kandungan minyak dan gas bumi. Sebelum survei digelar, perlu kesepahaman dan pengertian bersama dari semua stakeholder. Khususnya, para nelayan yang melaksanakan penangkapan ikan sehari-hari.

PT Abhitech Matra Indah dan pemerintah setempat sosialisasi suvei seismic 3 D ke para nelayan di Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Kamis (25/10).

Fauzi mengatakan, survei setidaknya akan berpengaruh terhadap kegiatan kenelayanan, menyangkut wilayah survei dan wilayah penangkapan ikan.

Namun, pelaksananya harus sejalan dengan kebijakan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Itu semua, untuk mendukung penawaran wilayah kerja migas dan meningkatkan investasi hulu migas.

“Semoga upaya ini dapat menjadi langkah kita bersama dalam mengemban amanah sebagai khalifah fil ardli, mengelola sumber daya alam yang merupakan anugerah Allah SWT untuk dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” sebutnya.

Menurutnya, potensi biofisika alam ini tidak akan serta merta menjadi kekuatan ekonomi yang dapat mensejahterakan masyarakat yang mendiami. Namun, wilayah tersebut harus ada upaya pemanfaatan potensi sumberdaya alam secara tepat dan strategi kebijakan yang sesuai ketentuan. (arm/mai)