Tokoh Abes Dukung IPDN

Banda Aceh (RA) Sejumlah tokoh di Aceh Besar mendukung dibangunnya kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jantho pada tahun 2019

Harapan itu disampaikan mantan Sekda Aceh, Thantawi Ishak dimana ada empat alasan menurutnya kampus itu sangat srategis dari aspek geografis hanya berjarak 60 km dan berdekatan dengan ibukota provinsi Aceh. Kemudian dengan akan dibangun jalan tol sehingga ke depan akses transportasi semakin lancar dan bandar udara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM).

Dari aspek pendidikan diantaranya dekat dengan pusat pendidikan rindam (Kodam IM), SPN Seulawah (sekolah polisi Polda Aceh) dan RSUZA yang merupakan rumah sakit pendidikan serta punya kedekatan dua kampus Unsyiah dan UIN Arraniry dengan demikian pendidikan IPDN menjadi lancar.

Aspek sosial budaya, tentunya akan memberi pengaruh bagi masyarakat Aceh Besar dengan penduduk 380.000 jiwa. Karena nantinya bukan hanya anak Aceh saja yang bisa ikut tetapi dari luar daerah juga akan masuk maka akan terjadi pertukaran budaya dari berbagai anak bangsa.

Dari aspek ekonomi sudah tentu akan datang tamu maupun wisatawan ke Aceh Besar khususnya dan provinsi Aceh sehingga berdampak pada sektor pariwisata untuk maju dan berkembang, kuliner, obyek wisata dan home industri dan tentunya akan ada terbukanya lapangan kerja.

Kami mendukung apa yang telah dilakukan Bupati dan DPRK Aceh Besar selama ini dan kita harapkan juga pemerintah Aceh dan DPRA dapat segera memberikan rekomendasi.untuk dibangunnya kampus IPDN di Jantho.

Sangat Pantas

Sememtara itu tokoh masyarakat Lhoong, Aceh Besar Karimun Usman menjelaskan ia yang memfasilitasi pertemuan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan beberapa tokoh lainnya dengan Mendagri Cahyo Kumolo pada 5 September lalu.

Lalu Karimun mengatakan kepada Mendagri bahwa Pemkab Aceh sudah menyiapkan lahan 50 hektar beserta sertifikat dan uangpun sudah ada dari Pemda Aceh tetapi tidak mau dibayar kalau.belum ada keputusan presiden atau mendagri.

Ini perjuangan kami bersama bupati dan disaksikan tokoh lainnya Musa Bintang sehingga sampai kemarin kita sudah mendapat informasi yang akurat sudah pasti kampus dibangun di Aceh Besar. demikian Karimun. (imj)