Menang 2-0 atas Persita Persiraja Pimpin Klasemen Grup B

Pemain Persiraja Banda Aceh, Husnuzhon (belakang) berebut bola dengan pemain Persita Tanggerang, Mauhammad Toha (depan) dalam lanjutan liga II di Stadion Dirmuthala, Banda Aceh, Senin (5/11). HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Persiraja Banda Aceh berhasil mengamankan poin penuh saat menjamu Persita Tangerang dalam lanjutan babak 8 Besar Liga 2 di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Senin (5/11) sore.

Dalam laga itu, Lantak Laju -julukan Persiraja menang 2-0. Kemenangan ini semakin memperpanjang rekor Luis Irsandi dan kawan-kawan tak terkalahkan di Lampineung selama Liga 2 musim ini.

Tambahan tiga poin, sekaligus membuat Laskar Rencong merangkak ke peringkat 1 klasemen sementara grup B dengan poin 6 dari tiga kali main, dua kali menang dan satu kali kalah.

Sejak menit awal, pertandingan berlangsung ketat. Persiraja beberapa kali mendapat peluang emas di babak pertama, namun gagal membuahkan gol. Baru jelang 10 menit berakhirnya pertandingan, Persiraja membuka keunggulan menjadi 1-0 melalui tendangan penalti Husnuzhon.

Penalti diberikan wasit setelah pemain belakang Persita menyentuh bola di kotak terlarang. Husnuzhon yang maju sebagai eksekutor mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan Persiraja 1-0.

Memasuki babak kedua, Persiraja menggantikan Azka Fauzi dengan Fahrizal Dillah. Azka digantikan karena mengalami masalah dengan kakinya. Bagi Fahrizal, ini menjadi debut perdana stiker bernomor punggung 27 itu di Babak 8 Besar Liga 2 2018. Sebelumnya, ia selalu menjadi penghias bangku cadangan.

Jalannya pertandingan 10 menit di babak kedua mulai dikuasasi oleh Persita. Operan bola satu dua diperagakan Syarif Wijianto, Candra Waskito membuat Asep Budi, Luis Irandi, Agus Suhendra dan kawan-kawan harus bekerja keras.

Tak tinggal diam, Andre Abu Bakar, Zamrony, Rizki Yusuf, Mudassir yang berada di barisan depan coba membangun serangan. Pada menit 58, Stadion H Dimurthala bergemuruh setelah Fahrizal Dillah mencatatkan namanya di papan skor.

Penyerang jangkung kelahiran Banda Aceh ini mencetak gol melalui sundulan kepala setelah memanfaatkan tendangan bebas Husnuzhon dari sektor kiri pertahanan tim tamu. Skor 2-0 untuk Persiraja.

Tertinggal dua gol, Persita coba membalas. Namun, disiplinnya pertahanan tuan rumah yang dikawal Asep Budi dan kawan-kawan membuat tekanan yang terus dilakukan dari berbagai sektor tak membuahkan hasil.

Hingga laga usai, tak ada lagi gol yang tercipta.
Usai laga, pelatih Akhyar Ilyas bersyukur atas kemenangan yang diraih anak asuhnya. “Kita kembali meraih 3 poin, kami mengapresiasi para pemain yang telah menjalankan taktik sebagaima yang kita inginkan,” kata Akhyar di hadapan wartawan usai laga, Senin (5/11).

Akhyar mengakui, di akhir babak kedua tempo permainan menurun sehingga lawan berhasil mendapatkan sejumlah peluang, dan hal itu akan diperbaiki untuk tandang ke Persita laga selanjutnya.

Kapten tim kemarin, Asep Budi pada kesempatan yang sama berharap kepada rekan-rekannya agar tidak cepat puas. Dan dapat terus berjuang hingga akhir kompetisi.

Sementara pelatih Persita, Wiganda Saputra menyebut ini kekalahan kedua Persita di kandang Persiraja. “Saat saya tangani Persita, ini kekalahan kedua Persita di sini. Kita harus lebih kerja keras lagi. Tadi kita ingin curi poin namun kita kebobolan dua gol. Di sisa tiga pertandingan lagi kita harap bisa mendapat poin,” pungkasnya. (rif/mai)