Senyum Arkam Bersemai di Kalideres

Muhammad Arkan (4) bersama ibunya di rumah kontrakan kawasan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/11). HENDRI/RAKYAT ACEH

Suara parau menahan sakit, tak lagi terdengar. Air mata juga telah jarang menggalir. Balita berusia empat tahun itu, kini menanti hari-hari penting dalam hidupnya; operasi.

Hendri – Jakarta

Muhammad Arkan berasal dari Desa Tanjungan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireun. Empat bulan sudah bersama keluarga menetap di kawasan Kalideres Indah, Jakarta Barat.
Arkan sudah menderita penyakit itu sejak berusia tiga bulan. Ia menjalani pengobatan di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita di Palmerah, Jakarta Barat.

Ia lahir dari keluarga kurang mampu. Ayahnya, hanya seorang kuli bangunan dan ibunya hanya IRT. Lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT), membantu mengurangi beban keluarga tersebut.

Lembaga itu menanggung seluruh biaya hidup untuk keluarganya yang tinggal di Jakarta.
Batuan yang disalurkan ACT melalui program, Mobile Social Rescue ACT (MSR) dikhususkan buat Arkan, agar ia tak semakin menderita.

“Sekarang Arkan tinggal menunggu jadwal operasi,” sebut M Jamil (43), Ayah Arkan.
Katanya, Arkan saat ini kondisi tubuhnya lebih baik dibandingkan sebelumnya sering menangis, tubuhnya tidak bisa bergerak.

“Bukan gini sebelumnya, dia tidur bahkan sering menangis sambil mengeluh sakit. Sekarang dia sudah bisa main hp,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada usia Arkan tiga bulan, sudah menderita penyakit itu, beberapa kali mereka membawa ke rumah sakit, namun direkomendasikan melakukan pengobatan ke Jakarta.

“Saat itu kita tidak ada biaya, walaupun tahu biaya rumah sakit ditangung BPJS, tapi untuk makan dari mana. Makanya saya pasrah, pilih Arkan rawat jalan,” sebutnya.

Januari lalu relawan ACT datang membantunya. Hingga kini rawat jalan di Jakarta.
“Setelah tiba di sini benar kondisi Arkan membaik, sekarang tinggal tunggu operasi sekali lagi, bila sudah operasi kata dokter dia bisa kembali normal lagi,”katanya.

Semoga, senyum terus bersemai di bibir Muhammad Arkan. (mai)