Nyak Sandang Dapat Penghargaan

Nyak Sandang (91), yang telah memiliki cucu hingga 23 orang penyumbang cikal bakal pesawat Garuda Indonesia Seulawah Agam 001 dan Selawah Inong 002, mendapatkan apresiasi dari Pemkab Aceh Jaya di Hari Pahlawan, Sabtu (10/11). Hendra Sayeng/Rakyat Aceh

CALANG (RA) – Nyak Sandang (91), yang telah memiliki cucu hingga 23 orang penyumbang cikal bakal pesawat Garuda Indonesia Seulawah Agam 001 dan Selawah Inong 002, mendapatkan apresiasi dari Pemkab Aceh Jaya di Hari Pahlawan, Sabtu (10/11).

Nyak Sandang merupakan penyumbang dalam menjalankan roda pemerintahan setelah perjuangan kemerdekaan oleh para veteran yang harus diberikan penghargaannya dalam memerdekakan Republik Indoensia.

“Dalam memperingati Hari Pahlawan segala sesuatu harus diimplementasikan apapun yang setelah diperjuangkan,” kata Bupati Aceh Jaya, HT Irfan TB.

Irfan menambahkan dalam memperingati hari Pahlawan kali ini kita memberikan cendra mata kepada seluruh veteran termasuk pahlawan veteran dalam memperjuangkan kemerdekaan kepada seluruh mantan penjuang atas jasa dan kepedualian dalam mempertahankan Republik Indonesia.

“Mari kita mengeratkan tali persatuan dan kesatuan mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai yang positif bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh nenek moyang kita terlebih dahulu termasuk kepada generasi muda harus mengetahui ini,” kata Irfan.

Dalam penyerahan cendra mata tersebut, kata Irfan, termasuk kepada veteran kemerdekaan diantaranya Ibrahim A Rahman (93), Mohd Yunus (93), Husen (83) serta Nyak Sandang (91) dari Lamno, penyumbang cikal bakal Garuda Indonesia. (mag-67/bai)