Sepeda Nusantara Kemenpora Semarak

SEPEDA NUSANTARA : Sejumlah peserta sepeda nusantara melewati garis start usai penglepasan pejabat Kemenpora untuk menjelajahi rute ditetapkan panitia, Minggu (11/11) pagi. RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT

BIREUEN (RA) – Sepeda nusantara 2018 digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Pemerintah Kabupaten Bireuen, berlangsung semarak diikuti ribuan peserta mulai dari pejabat, remaja, dewasa juga anak-anak, Minggu (11/11) pagi.

Sepeda nusantara etape jelajah Kota Juang sekaligus dalam rangka memperingati HUT Bireuen ke-19, dirangkai undian doorprez hadiah utama satu unit Honda Honda Beat dari Bank Aceh.

Kegiatan sepeda dan jalan santai digelar di 70 kabupaten/kota di Indonesia itu dilepas oleh Kepala Pusat Pengembangan Iptek dan Kesehatan Olahraga Nasional Kemenpora RI Drs Edi Nurinda Susila, MSi dan Bupati Bireuen H Saifannur,S.Sos di jalan depan pendopo Bupati.

Edi Nurinda Susila mewakili Menpora menyampaikan, sepeda nusantara program prioritas Kemenpora tersebut juga dilaksanakan di 70 kabupaten/kota di Indonesia. “Acara ini digelar di Bireuen atas dasar aspirasi Drs Anwar Idris anggota DPR RI Komisi X mitra Kemenpora,” jelasnya.

“Acara ini bertujuannya memasyarakatkan gerakan ayo olahraga bagi seluruh masyararat nusantara sebagai gaya hidup baru dan diharap masyarakat Indonesia menjadi sehat, maka untuk meningkatkan budaya kerja kita perlu meningkatkan kesehatan dan sejalan dengan Nawacina Predisen Jokowi,” paparnya.

Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos mengawali sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bireuen 10 November 2018 kemarin telah mengelar peringatan hari pahlawan, dan hari ini Fun Bike dan Fun Walk bekerjasama dengan dengan Kemenpora RI.

“Untuk kegiatan Fun Bike dan Fun Walk ini bagi masyarakat di Bireuen bukan lagi menjadi hal yang baru karena sudah biasa. Tetapi bagaimana upaya kita untuk dapat memasyarakatkan olahraga dan ini adalah harapan saya,” tutur Saifannur dalam acara dihadiri pejabat forkopimda, para pejabat terkait lainnya.

Sementara anggota DPR RI Komisi X Drs H Anwar Idris mengatakan, acara bersejarah ini digelar di 70 kabupaten/kota diseluruh Indonesia dan untuk Provinsi Aceh digelar dua titik yakni pertama dua bulan lalu di Langsa dan hari ini di Kabupaten Bireuen.

“Kami berterimakasih dan bagi tim dari Kemenpora dan masyarakat Bireuen yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan sepeda nusantara ini,” imbuhnya seraya mengatakan kedatangannya juga sebagai bentuk pengawasan melekat dan tugasnya sebagai anggota DPR RI.

Doorprez peserta dapat berbagai hadiah menarik dari Kemenpora dan sponsor, diantaranya ada kipas angin, kompor gas, helm, rice coocer, sepeda. Untuk hadiah utama Honda Beat kupon ditarik Bupati diraih oleh Muhammad Nabil (12) siswa SMP 2 Bireuen, warga Desa Cot Keumude Peusangan. (rah/min)