Psikologi UIN dan BPBA Jalin Kerjasama

Dosen Fisip UIN Ar-Raniry, Dian Rubianty SE AK MPA saat menyampaikan materi di Aula LPTQ, Banda Aceh, Kamis (15/11). FOR RAKYAT ACEH

Banda Aceh (RA) – Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh jalin kerjasama yang diwujudkan dalam penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) untuk pelatihan psiko-sosial, mitigasi bencana dan penguatan kapasitas kelembagaan.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan pengantaran mahasiswa yang melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di BPBA. Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek mengapreasi komitmen kerjasama tersebut, dan mengungkapkan keinginannya untuk berkolaborasi dengan pihak universitas dalam memperkuat mitigasi bencana dan edukasi yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama, dekan Fakultas Psikologi, Prof. Eka Srimulyani, Ph.D menyampaikan bahwa pihaknya siap bekerjasama dalam kegiatan tri darma perguruan tinggi, terutama dalam hal pengabdian masyarakat yang mendukung kemampuan masyarakat dalam aspek resilience dan pengurangan resiko bencana.

“Dalam keilmuan psikologi juga dikenal psikologi kebencanaan (disaster psychology),” ujarnya. Kegiatan penandatangan ini berlangsung di kantor BPBA dan disaksikan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, dan juga sekretaris BPBA. (ril/rif)