Pegiat LSM Sorot Pembagian Kambing Doka Anggaran Capai 2,7 Milyar

KUTACANE (RA) – Bantuan hibah kambing  sumber anggaran Dana Otonomi Kusus Aceh (DOKA) tahun 2018 di Aceh Tenggara, disinyalir sarat penyimpangan. Hal itu dikatakan peggiat LSM Lubung Informasi Rakyat (LIRA), Muhammad Saleh.

“ Ada laporan yang kita terima bantuan itu sarat dengan penyimpangan. Seperti kelompok penerima ternak yang asal- asalan serta pembagiannya terkesan ditutup – tutupi oleh kadis dinas pertanian dan peternakan,” Kata Saleh, Kepada Rakyat Aceh, Minggu (18/11).

Dijelaskan, kelompok penerima ternak yang asal- asalan dikarnakan para kelompok yang menerima hibah ternak tersebut tidak berbadan hukum. Mengakibatkan Bantuan hibah itu justru akan membuka peluang penyimpangan, karena tidak ada sanksi dan regulasi yang jelas bagi penerima bantuan.

“ Kita khawatirkan bantuan disalurkan tidak tepat sasaran. Karena jelas ini membuka peluang penyimpangan. Yang akhirnya bantuan seharusnya mendongkrak jumlah populasi ternak kambing lokal namun nihil dikemudian hari,” kata Saleh lagi.

Selain tentang regulasi, dirinya juga mempertanyakan Spesifikasi harga satuan ternak kambing di terimaka pihak Dinas Pertanian setempat. Sebab secara kasat mata kambing dibagikan itu kecil dan kurus.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Aceh Tenggara Asbi, dikonfirmasi Rakyat Aceh, dirinya tidak tahu menahu tentang jumlah kelompok penerima mamfaat hibah ternak tersebut.

“ Setiap kelompok mendapat 180 ekor kambing, “ katanya.

Ditanya kelompok ternak hibah penerima bantuan yang tidak berbadan hukum, dirinya hanya membenarkannya.

“Benar, dan kambing tidak dikandangkan disatu kandang namun dibagikan pada setiap anggota kelompok ternak,” pungkasnya.

Penelusuran Rakyat Aceh, tahun 2018 Pemerintah Provinsi Aceh, melalui Dinas Peternakan Aceh mengucurkan lebih kurang Rp 2,7 Milyar untuk pengadaan ternak kambing jantan dan betina di Aceh Tenggara sumber anggaran APBD 2018.

Adapun Pengadaan Kambing Betina Nilai Pagu Paket Rp 2,511,000,000, Milyar dengan nilai HPS Paket Rp 2, 384, 415 000. Kode lelang 17421106, dan dimenangkan CV Sara Sindo, Jln Mayjen T Hamzah Bendahara No.08 Gp, Bandar Bireun.

Sementara Pengadaan Kambing Jantan Kode lelang 17467106 dengan Pagu Rp 489.000 Juta dan HPS Rp 476, 175 juta dimenangkan CV Raja Inton Lorong Durian No 14 Lambaro Skep, Kuta Alam, Banda Aceh. (VAL).