Banda Aceh (RA) Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan kualitas pendidikan Aceh baik lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Indikator kenaikan itu salah satunya kualitas guru dan siswa.

Hal itu disampaikan Nova saat membuka Yayasan Pioner Nusantara di Banda Aceh, Sabtu (24/11). Yayasan ini bergerak untuk memberdayakan potensi guru dan siswa agar lebih berkualitas lagi ke depan.

“Melihat trend nya bagus tetapi masih ada disparitas atau kesenjangan artinya antara ibukota dengan daerah tingkat II beda dalam kualitasnya dan inilah yang terus kita perbaiki’, ujarnya.

Salah satunya kata Nova bagaimana tenaga pengajar tidak melulu berada di Ibukota sedangkan daerah semakin berkurang sehingga dalam pengajaran kepada siswa tidak mencukupi. Dan kita sudah minta agar guru daerah diperhatikan.

Kesenjangan ini menjadi pemicu bagi kalangan guru lain untuk mutasi sehingga dalam setiap rekrutmen atau penerimaan calon guru PNS banyak yang ikut tes dan mereka umumnya setelah lulus baru melakukan gerakan untuk pindah ke ibukota.

‘Saya sudah katakan urusan pindah merupakan wewenang dinas terkait saya hanya teken saja. Tetapi sebaiknya dimana ditempatkan ikut saja lah dulu’, pintanya.

Sementara Ketua Yayasan Pioner Nusantara, Anas M Adam menyebutkan tujuan yayasan ini adalah memberikan pembinaan bagi tenaga pengajar agar lebih berkualitas lagi.

Anas mengatakan, ada guru saat ini masih belum melek soal informasi teknologi dan ini sangat disayangkan dan kita siap memberikan pelatihan dengan bantuan dari tenaga relawan yang mengerti tentang teknologi itu.

‘Kami ini ingin mengabdi dan membantu Pemerintah Aceh dalam memberdayakan pendidikan khususnya bagi guru agar anak didik Aceh lebih hebat ke depan’, demikian Anas. (imj)