Pengrajin Songket Ikut Pelatihan di Pendopo Bupati Aceh Jaya

Ketua Dekranasda Aceh Jaya Ners Ernani Wijaya Sedang memberikan arahan kepada peserta Pelatihan peninggkatan diversifikasi Desa Kerjaninan produk kain songket di Pendopo Bupati Aceh Jaya, Senin (26/11). For Rakyat Aceh

Calang (RA) – Dinas Disperindakop Aceh bekerjasama dengan Dekranas Aceh dalam melaksanakan Pelatihan peninggkatan diversifikasi Desa Kerajinan produk kain songket yang diikuti 20 orang para pengrajin yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Aceh Jaya.

Dengan adanya pelatihan hari ini para pengrajin nantinya dapat memodifikasi hasil kain songket tersebut, dapat dibuat berbagai macam kerjinan dalam bentuk tas, dompet, serta selempang. “Sehingga para kaum ibu dapat mengenakan hasil produksi dalam negeri,” kata Ketua Dekranas Aceh Ners Ernani Wijaya, Senin (26/11).

Ernani menambahkan, sejauh ini dalam pelatihan yang dilaksanakan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi 20 orang penggrajin nantinya dalam memproduksi hingga finishing.
Hingga saat ini yang melakukan pemesanan sudah ada beberapa konsumen, baik dari Langsa, Banda Aceh serta Jakarta, sehingga ini menjadi tolok ukur kita bahwa hasil pengrajin kita telah mulai diminati oleh konsumen.

“Dan nantinya kita juga akan melakukan penjajakan dengan pengusaha-pengusaha, agar produk-produk pengrajin tersebut akan lebih mudah dalam pemasarannya,” kata Ernani
Ernani menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 hingga 30 November 2018, para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan para pengrajin yang telah mendapatkan prestasi beberapa waktu lalu di Idi, Aceh Timur.

“Tentu kita sangat berharap dengan adanya pelatihan tersebut sehingga dapat menjadi motifasi bagi para pengrajin, terus menciptakan hal-hal baru dengan berbagai modifikasi berbahan kain songket tersebut tentu dengan perkembangan jaman yang semakin canggih.” (***)