Pertamina dan Rumah Zakat Bina Kampung Lestari

aksi-kepedulian-pertamina-bantu-korban-bencana-di-pidie-jaya/ist

ACEH BESAR  (RA) -PT Pertamina (Persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat memberikan penghargaan kepada lingkungan terbersih dan sehat di Desa Meunasah Mon Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar yang selama ini dilakukan pendampingan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Program Kerja Bakti dan penyuluhan tentang kesehatan dan kebersihan lingkungan kepada puluhan kaum perempuan di gampong setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Pjs. Operation Head Pertamina TBBM Krueng Raya, Fachrizal, Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi, Perwakilan Camat Masjid Raya, Keucik Desa Meunasah Mon, serta tokoh lainnya.

Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi menjelaskan, Program Kampung Lestari dicanangkan dalam rangka memberikan penyuluhan kebersihan kepada warga setempat sehingga diharapkan menjadi pelopor kebersihan bagi desa lainnya di Kecamatan Masjid Raya untuk terciptanya lingkungan bersih dan sehat di wilayah Krueng Raya.

Sebelumnya kata Riadhi, PT Pertamina (persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat telah melakukan beberapa program pelatihan bengkel motor dan pelatihan las bagi pemuda Desa Meunasah Mon untuk pengembangan skil produktif.

“Program dari CSR PT.Pertamina TBBM Krueng Raya mengembangkan beberapa program di Desa Meunasah Mon yaitu program Pelatihan Las dan Bengkel Motor, pembinaan masyarakat berupa pengajian ibu-ibu setiap rabu, pelatihan menjahit, serta kampung lestari dimana melakukan kebersihan lingkungan ditiap dusun,” ujar Riadhi, Jumat (30/11/2018).

Sementara itu Pjs. Operation Head Pertamina TBBM Krueng Raya, Fachrizal mengatakan melalui program tersebut pihaknya menargetkan agar terciptanya lingkungan yang bersih , masyarakat yang sehat dan mengerti untuk menjadikan lingkungan mereka lebih baik dari sebelumnya.

“Kita yang paling penting adalah memberikan training atau penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan lingkungan dan membentuk kader-kader kesehatan di masyarakat yang bisa memberikan penyuluhan lingkungan serta membantu alat kebersihan,” ujarnya.

Adapun pendampingan yang selama ini diberikan kata Fachrizal antara lain adalah Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS), gotong royong warga, pembentukan kader lingkungan, pemberian alat kebersihan seperti tong sampah, sapu, dan gerobak sampah. (ra)