Polisi Tetapkan Enam Dalang Provokasi

Satu dari 37 Napi LP Lambaro yang kabur berhasil ditangkap dengan terpincang dipapah petugas, Sabtu (1/12). (al amin/rakyat aceh)

JAKARTA (RA) – Mabes Polri telah mengidentifikasi 6 orang yang diduga sebagai provokator penyebab puluhan Narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) II Lambaro.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dari hasil penyelidikan diketahui bahwa enam orang napi menjadi dalang provokasi 113 napi kabur.

“Memang dari hasil penyidikan, para napi kabur itu dipicu provokasi enam orang napi. Kami sudah identifikasi,” ujar Dedi saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, keenam napi itu menjadi pemicu kerususuhan dan kaburnya napi lainnya. Masing-masing di antaranya, 4empat orang napi kasus narkoba dan dua orang kasus pembunuhan.

Dedi mengatakan, untuk identitas keenam napi yang kabur itu sudah ada di tim penyidik Polda Aceh. Disebutkan, Kapolda Aceh Irjen Pol. Rio S. Djambak pun sudah memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan pengejaran dan penangkapan kepada napi yang kabur.

Khususnya para napi tersangka yang diidentifikasi sebagai otak pelaku kerusuhan dan pembobolan LP Klas II Lambaro, Aceh Besar.

“Satu dari enam orang napi sudah diamankan, sekitar pukul 21.00 WIB, Jumat 30 September. Dia sudah diamankan kembali tim gabungan dan sedang menjalani pemeriksaan secara intensif,” kata Dedi.

Diketahui, hingga pagi ini pukul 06.00 WIB, napi yang sudah berhasil diamankan sebanyak 36 orang, sementara sisanya 77 orang lagi masih dalam pengejaran tim gabungan Polda Aceh dan Polresta Aceh. (jpc/mai)