Disdik Aceh Lakukan Pemantapan UN SMK 2019

Sekretraris Ujian Nasional Aceh, Zulkarnaini, pada acara pembukaan Bimtek Pemantapan UN SMK yang berlangsung di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Senin (3/12). Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Ujian Nasional (UN) merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antara daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilain Pendidikan Depdiknas berdasarkan undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Zulkarnaini, Sekretraris Ujian Nasional Aceh pada acara pembukaan Bimtek Pemantapan UN SMK yang berlangsung di SMK Negeri 2 Banda Aceh, Senin (3/12).

Syaridin, mengatakan dalam upaya menyukseskan Ujian Nasional tahun 2019 maka Disdik Aceh melakukan berbagai upaya termasuk melakukan kegiatan Bimtek yang bertujuan supaya tersosialisasikan hasil analisa Ujian Nasional 2018, sehingga peserta mampu memanfaatkan analisa UN dengan benar dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa dan hasil UN 2019.

Secara umum kebijakan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN tahun 2018, perbedaannya hanya pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujiannya saja, waktu pelaksanaan UN 2019 sedikit bergeser ke depan dibandingkan tahun 2018. UN tahun 2018 dimulai pada bulan April, sedangkan UN tahun 2019 dimulai pada bulan Maret.

Terkait dengan soal, tambah Syaridin, soal UN 100 persen disiapkan oleh pusat. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019 nanti.

“Kedepan mulai tahun 2019 seluruh kabupaten/kota di Aceh diharapkan 100 persen dapat menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan target nilai UN diatas 70.00,” ujarnya.

Ia berharap UN tahun 2019 hasilnya bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, kita harus bersinergi dan fokus dalam membangun pendidikan di Aceh karena hasil nilai Ujian Nasional sangat berpengaruh terhadap kualitas kelulusan dan daya tampung siswa-siswi Aceh ke Perguruan Tinggi.

Sementara itu Sekretraris Ujian Nasional Aceh Zulkarnaini, mengatakan kegiatan Bimtek Pemantapan UN 2018 dilakukan secara serentak sejak tanggal 2-10 desember 2018 dengan sistim meraton, kegiatan ini diisi oleh narasumber dari akademisi, pengawas sekolah dan unsur Dinas Pendidikan Aceh. (bai)