Karya Mahasiswa Arsitektur Dipamerkan

Karya mahasiswa dipamerkan di Expo Arsitektur Aceh, di Taman Budaya Banda Aceh, Senin (3/12)

BANDA ACEH (RA) – Puluhan karya mahasiswa Arsitektur Aceh dipamerkan di Expo Arsitektur Aceh 2018. Terlihat beberapa maket karya mahasiswa arsitektur Aceh tentang lanskap kota dan maket gaya arsitektur modern memadati ruang pameran di Taman Budaya, Banda Aceh, Senin (3/12).

Kegiatan tersebut merupakan expo yang pertama kali diselenggarakan oleh mahasiswa arsitektur Aceh. Mereka tergabung dalam Badan Pekerja Rayon (BPR) 14, yang terbagi dari lima instansi. Meliputi, Universitas Syiah Kuala, UIN Ar-Raniry, Universitas Malikussaleh, Universitas Muhammadiyah dan Universitas Al-Muslim.

Wali kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan apresiasinya terhadap kerja mahasiswa arsitektur Aceh. “Saya sangat kagum terhadap karya mahasiswa arsitektur Aceh. Ternyata karya-karya mahasiswa arsitektur Aceh bagus-bagus,” pujinya saat membuka acara Expo Arsitektur tersebut.

Ia turut mengajak mahasiswa arsitektur untuk ikut mengambil andil dalam membangun kota Banda Aceh. “Peran arsitek sangat penting dalam membangun kota, saya berharap para mahasiswa mau bekerjasama dalam membangun kota,” sebutnya.

Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Arsitektur Aceh (FKMAA), Zawil, mengatakan acara tersebut menjadi bagian dari memperkuat silahturahmi antar mahasiswa arsitektur Aceh, serta memperkenalkan arsitektur ke masyarakat luas.

“Selain itu, acara ini untuk mempersiapkan Aceh dalam menyambut tuan rumah Temu Karya Ilmiah-Mahasiswa Arsitektur Indonesia (TKI-MAI),” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Didit menyampaikan terimakasih kepada teman-temannya serta semua pihak yang sudah berkerjasama sehingga Expo tersebut berlangsung sedemikian rupa. “Saya berterima kasih terhadap kerja teman-teman yang mau berkerjasama dengan baik,” ujarnya.

Acara ini turut dimeriahkan dengan workshop tentang arsitektur, seni dan beberapa lomba. Adapun tema yang diusung adalah; Mempertimbangkan Aceh dalam Praktik Desain Arsitektur Masa Kini. Selain itu, ada pula workshop mural, serta beberapa lomba, fotografi tentang arsitektur, lomba sketsa hingga lomba Autocad.

Untuk diketahui, acara tersebut berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 1 hinga 3 Desember 2018. (mag-81/rif)