Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Dec 2018 04:05 WIB ·

Korban Banjir Mulai Diserang Penyakit


 Petugas kesehatan memeriksa korban banjir bandang yang mulai diserang penyakit, Senin (3/12).
Nauval/Rakyat Aceh Perbesar

Petugas kesehatan memeriksa korban banjir bandang yang mulai diserang penyakit, Senin (3/12). Nauval/Rakyat Aceh

KUTACANE (RA) – Empat ratusan korban banjir bandang Aceh Tenggara, yang telah mengungsi sejak empat hari lalu, mulai mengalami penurunan daya fisik, demam dan gatal-gatal.

Kepala Puskesmas Jambur Lak-Lak, Siti Hukam kepada Rakyat Aceh mengatakan, meskipun para pengungsi di dua Kecamatan Badar dan Ketambe, tidak menempati tenda pengungsian namun dalam dua hari ini para korban mulai berdatangan ke posko kesehatan milik Dinas Kesehatan Aceh Tenggara untuk berobat.

“Catatan kita hingga kini, warga yang datang mengambil obat atau berobat mencapai 413 jiwa,“ kata Siti Hukam, Selasa (3/12).

Data tersebut menurutnya terdiri dari 285 jiwa asal Desa Kayu Mentangur, serta 128 jiwa asal Natam. Bahkan untuk keperluan bagi pasien darurat pihaknya juga telah menambahkan unit mobil ambulan yang siap antar jemput pasien.

“Selain penyakit, para korban banjir mendatangi posko juga mengeluhkan terkena puing-puing banjir bandang, baik itu pecahan seng maupun sisa-sisa bangunan rumah mereka,” jelasnya lagi.

Adapun dua posko kesehatan, didirikan terdapat Desa Kayu Mentangur, Kecamatan Ketambe dan satu Desa Natam Baru Kecamatan Badar. Bahkan pada siang kemarin, pihaknya juga telah menambahkan stok obat di dua posko kesehatan tersebut.

Sementara Camat Badar, Safriady Pelis, hasil pendataan pihaknya, di Kecamatan Badar, masing-masing, Natam Baru, Natam Lama dan Kayu Mentangur. Musibah banjir bandang menerjang daerah ini mengakibatkan 23 unit rumah hanyut dan sekitar 50 rumah warga lainnya rusak.

Sedangkan Camat Ketambe, Riduan Syah menyatakan, banjir itu telah berdampak terhadap sedikitnya 20 kepala keluarga (KK) Gampong Kayu Mentangur. Pendataan di lokasi, terdapat tiga unit rumah mengalami rusak parah dan belasan unit lainnya rusak berat dan ringan.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH