TNI dan Warga Rehab Jembatan Penghubung

TNI dan warga melakukan rehabilitasi salah satu jembatan pernghubung di Desa Ujong Raja, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, Senin (3/12). Rakyat Aceh

MEULABOH (RA) – Seratusan prajurit TNI AD bersama puluhan masyarakat dari Kecamatan Panton Rue, Aceh Barat, memperbaiki tiga unit jembatan penghubung berkontruksi kayu. Ruas jalan ini menjadi lintas utama menghubung beberapa desa, Senin (3/12).

“Tiga unit jembatan penghubung antar desa yang diperbaiki. Telah lapuk kayu jembatan dan berpotensi roboh karena kondisi cuaca,” kata Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto.

Tiga unit jembatan yang diperbaiki, adalah jembatan penghubung di Desa Ujong Baro, Jembatan Gantung Paya Baro dan jembatan di Desa Kuala Manye. Terakhir kali rehabilitasi jembatan dilakukan, beberapa tahun lalu. Namun seiring dimakan usia, kini kontruksi papan jembatan mulai satu persatu rusak karena lapuk.

Perbaikan jembatan ini, tambah Nurul, dilakukan secara swadaya, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 73 TNI AD. “Kalau jembatan ini telah siap, maka lebih memudahkan akses masyarakat melintasi tanpa waspada takut jatuh,” jawabnya.

Tiga unit jembatan ini, sambung Nurul, merupakan akses utama yang digunakan masyarakat menghubung sejumlah desa, sampai menuju jalan utama lintas kabupaten. Sehingga dinilai Dandim Aceh Barat, memang benar-benar harus dilakukan perbaikan.

Program pembangunan jembatan ini, juga memperoleh dukungan dari warga setempat hingga puluhan penduduk setempat berbondong-bondong turut bekerja bersama prajurit TNI untuk melakukan perbaikan jembatan. (den/bai)