Jawahir Desak Pemkab Realisasi Hak Guru Kontrak

anggota DPRK Bener Meriah, Jawahir Syahputra

REDELONG (RA) – menyikapi aksi Guru kontrak, anggota DPRK Bener Meriah, Jawahir Syahputra, minta Pemkab Bener Meriah untuk segera melaksanakan kewajibannya dengan membayar hak-hak mereka.

Menurutnya, para guru kontrak sudah mengajar selama ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati yang sudah ditandatanggani tahun 2018.

”SK Bupati Bener Meriah menjadi dasar bagi setiap guru kontrak untuk pegangan mereka bekerja maksimal dalam mengajar di sekolah-sekolah mulai dari daerah biasa sampai daerah terpencil,” katanya.

Ia menambahkan, mereka tetap konsisten melaksanakan kewajibannya sebagai guru bagi anak didiknya, sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik. ”Tentu dalam proses penerbitan SK tersebut oleh Bupati Bener Meriah hal ini juga sudah dipertimbangkan matang-matang,” katanya.

Untuk itu katanya, Pemkab Bener Meriah harus memahami bahwa SK bukan hanya sekedar secarik kertas yang hanya sebagai pelengkap urusan administratif perkantoran, tapi SK memiliki akibat dan konsekuensi hukum yang harus dipertanggung jawabkan secara Hukum.

Selaku Sekretaris Komisi D DPRK Bener Meriah, Jawahir, meminta kepada pemerintah untuk segera merealisasikan hak para guru kontrak tersebut agar tidak terkesan SK yang diterbitkan hanya untuk dipermainkan.

Selain itu, ia juga menyesalkan oknum-oknum kepala sekolah yang telah memberikan ancaman kepada guru untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum dalam melakukan demonstrasi. “Seharusnya kepala sekolah menjadi panutan untuk bisa menampung aspirasi dari guru-guru yang merupakan bawahannya,” sebutnya. (uri/bai)