Masyarakat Mengeluh Bau Limbah PT Syauqat

Rakyat Aceh

CALANG (RA) – Bau menyengat dari limbah hasil pengolahan buah tandan segar (bts) PT Syauqat, masih menjadi keluhan warga yang dialami masyarakat Gampong Tuwie Kareung, Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

“Walaupun telah turun tim dari pemerintah untuk menangani bau limbah PT Syauqat, namun bau tersebut masih menyengat warga sekitar terutama warga Alue Piet, Tuwie Kareng serta Ladang Baro yang disekeliling lokasi perusahaan tersebut sehingga ada waktu-waktu tertentu menyengat bau saat menjelang Magrib serta saat hujan turun,” kata Abdul Wahab (32), warga Tuwie Kareung Kepada Rakyat Aceh Rabu, Rabu (5/12).

Dirinya menilai dalam penanganan tersebut harus ditangani secara maksimal agar masyarakat tidak diresahkan dengan bau yang masih menyengat dikawasan perusahaan yang mengelola buah tandan segar kelapa sawait tersebut.

Sehingga masyarakat merasa nyaman saat menghirup udara dengan tidak adanya bau limbah tersebut.

Keuchik Gampong Tuwie Kareung, Hamidi mengatakan, selama ini masyarakat mengeluh dengan kondisi masih adanya bau saat menjelang Magrib serta saat hujan turun.

“Walaupun telah adanya perubahan setelah adanya penaganan oleh pihak perusahaan PT Syauqat tersebut. Kami meminta agar adanya penanganan secara serius sehingga masyarakat tidak mengeluh setiap waktu adanya bau yang menyengat tersebut,” katanya. (mag-67/bai)