Jalur Tangse Kembali Normal

Warga melintasi jalan Nasional yang terputus sepanjang 100 meter di Gampong Blang Bungoeng, Kecamatan Tangse, Pidie, Kamis (6/12).

SIGLI (RA) – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tangse, Pidie mengakibatkan sungai Tangse meluap. Akibatnya jalan nasional di Gampong Blang Bungong putus akibat abrasi sepanjang 100 meter.

Pemerintah setempat menurunkan alat berat ke lokasi untuk normalisasi jalan. Arus transportasi kembali normal sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis (6/12).

Jalur terpenting yang menghubungkan lintas timur dan barat Aceh tersebut, putus untuk ketiga kalinya di musim hujan sejak November.

Plt BPBD Kabupaten Pidie, Ramli, pada Rakyat Aceh mengatakan pihaknya telah menurunkan petugas untuk menanggani masalah tersebut.

“Sudah ditanggani begitu laporannya, saya sedang di Jakarta. Jadi hanya laporan saja yang saya dapat,” jelasnya.

Kapolsek Tangse, Ipda M. Jamil, mengatakan hujan deras yang terjadi sejak Rabu, menyebabkan air sungai meninggi. Sekitar pukul 20.00 WIB, jalan negara di Gampong Blang Bungong, kembali amblas dihantam derasnya air.

Akibatnya kemacetan panjang terjadi di kedua arus lalu lintas, baik yang ingin menuju Aceh Barat dan sebaliknya.

“Kami sudah menurunkan tim untuk mengawasi lalu lintas di tempat itu, pukul 11.00 WIB, baru arus kembali normal dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat,” jelas M. Jamil.

Ia berharap warga waspada saat melintas di jalur Tangse, apalagi intensitas hujan di Aceh sedang tinggi, selain rawan longsor juga sering jalan amblas.(zia/mai)