Terdeteksi, Ini KKB Papua yang Lakukan Penyerangan

Evakuasi jenazah kekejaman KKB di Papua (Cendrawasih Post/ Jawa Pos Group)

Harianrakyataceh.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berhasil mengidentifikasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan penyerangan di Kabupaten Nduga, Papua. Mereka tergabung dalam KKB Kodap III Ndugama di bawah komando Egianus Kogoya.

“Selain yang sudah dipublish di media, salah satu pelakunya yang mengomandoi langsung di lapangan adalah EK,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Rabu (12/12).

Ada pula panglima berinisial PU yang ikut merestui terjadinya penyerangan di wilayah Nduga. “Di bawah-bawah, kaki-kakinya pun juga memiliki daya oprasi yang ada di Nduga tersebut,” jelas dia.

Terdeteksi, Ini KKB Papua yang Lakukan Penyerangan
Evakuasi jenazah kekejaman KKB di Papua (Cendrawasih Post/ JawaPos.com)

Dedi menuturkan, mereka berkelompok melakukan penyerangan. Jumlahnya kurang lebih sekitar 50 orang.

“Menggunakan kurang lebih sekitar 25 pucuk senjata untuk melakukan penyerangan,” ungkapnya.

Sejauh ini, terdeteksi beberapa anggota KKB dengan wilayah kekuasaannya. Diantaranya PL dan OW menguasai wilayah Mapenduma dan Kenyam, RL di wilayah Mbua, Habema, dan Ilkema, A di wilayah Paro dan Nduga, NT di wilayah Habema dan Ilkema.

Lalu, BT di wilayah Nduga, EK di wilayah Mugi dan Alguru, serta GT di wilayah Kali Dumit dan Kali Min. “Di Nduga, yang sangat aktif BT,” sebutnya.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, pasukan gabungan TNI- Polri dengan penuh semangat tanpa pantang menyerah terus melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB tersebut. Sementara wilayah Nduga sendiru berhasil dikendalikan oleh aparat.

“Meski demikian masih dalam kontrol TNI-Polri dalam rangka menjamin situasi yang kondusif bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas di wilayah Nduga,”pungkas Dedi.

(dna/JPC)