Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 20 Dec 2018 09:48 WIB ·

Polda Aceh Rakor Pengamanan Natabu


 Polda Aceh, Kamis (20/12) pagi menggelar Raskor lintas sektoral bidang operasional dalam rangka pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 di Provinsi Aceh.
Rakyat Aceh Perbesar

Polda Aceh, Kamis (20/12) pagi menggelar Raskor lintas sektoral bidang operasional dalam rangka pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 di Provinsi Aceh. Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Polda Aceh, Kamis (20/12) pagi menggelar Raskor lintas sektoral bidang operasional dalam rangka pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 di Provinsi Aceh.

Rakor itu digelar di aula Machdum Sakti lantai 3 Mapolda Aceh dan dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Supriyanto Tarah.

Rakor itu juga dihadiri Kabinda Aceh, Kakanhan Provinsi Aceh, para pejabat TNI, Irwasda, para pejabat utama Polda Aceh, sejumlah Kapolres, para tokoh agama, instansi terkait dan stakeholders lainnya.

Wakapolda dalam kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Kapolda Aceh diantaranya mengatakan rapat koordinasi ini juga memiliki arti penting sebagai sarana saling bertukar informasi, penyampaian kesiapan masing-masing instansi, menganalisa serta mengevaluasi pelaksanaan tugas dan hasil operasi yang telah dicapai pada tahun sebelumnya serta memprediksi perkembangan situasi ke depan.

Melalui rapat ini, diharapkan akan memperkokoh peran Polri khususnya Polda Aceh dalam mewujudkan situasi yang aman dan kondusif khususnya dalam pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 di Provinsi Aceh.

Akan tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan oleh Polri, dibutuhkan kerjasama yang konstruktif dan sinergitas dengan seluruh lapisan masyarakat, instansi terkait serta pemangku kepentingan lainnya untuk saling membantu, saling memperkuat dan saling mendukung dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dengan cepat dan tuntas.

Perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019 merupakan moment religius bagi umat kristiani. Momentum tersebut akan bersamaan dengan libur panjang, sehingga diprediksi akan semakin menambah volume mobilitas dan intensitas kegiatan terutama di jalan-jalan protokol, pusat-pusat perbelanjaan/pertokoan,tempat hiburan, lokasi rekreasi/wisata dan tempat keramaian lainnya.

“Situasi dan kondisi tersebut, tentu akan menimbulkan berbagai potensi gangguan dan kerawanan yang memerlukan perhatian dari semua pihak,” kata Kapolda.

Beberapa permasalahan dan hambatan, serta gangguan perlu diantisipasi sedini mungkin, terutama dengan masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta potensi konflik sosial dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan natal dan tahun baru 2019.

“Faktor geografis dan perubahan iklim tidak boleh luput dari perhatian kita bersama, terutama terhadap wilayah yang rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” kata Kapolda.

Guna terus terjaminnya keamanan dan ketertiban masyarakat tersebut, Polda Aceh bersama jajaran dan perkuatannya dengan didukung seluruh stakeholders terkait akan menggelar operasi Kepolisian dengan sandi “Lilin Rencong 2018” pada tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, yang fokus operasi dititikberatkan pada potensi gangguan, ambang gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca natal dan tahun baru, baik berupa kriminalitas, kecelakaan lalu lintas maupun potensi gangguan lainnya.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini merupakan langkah pengecekan kesiapan akhir masing-masing instansi, baik terhadap aspek perencanaan maupun penggelaran kekuatan yang telah disiapkan oleh satuan kewilayahan untuk menghadapi dan mengantisipasi berbagai potensi kerawanan dalam pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019 serta terciptanya kesamaan visi, persepsi dan pola tindak dalam suatu hubungan tata cara kerja yang bersinergi, harmonis dan terintegrasi, kata Kapolda lagi. (bai)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Brigjen Marzuki Ali Basyah Jabat Kepala BNN Aceh

26 March 2024 - 22:35 WIB

Tropicana Slim Demo Takjil Bulan Ramadhan Cegah dan Lawan Diabetes

26 March 2024 - 14:54 WIB

Trending di METROPOLIS