Polisi Aceh Prioritas Pengamanan Dua Kabupaten

Polisi Aceh Prioritas Pengamanan Dua Kabupaten

BANDA ACEH (RA) – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh memberi pengamanan khusus terhadap dua kabupaten yaitu Aceh Tenggara dan Aceh Singkil pada peringatan Natal tahun 2018 ini yang dinilai tempat ibadah relatif lebih banyak.

“Pada operasi lilin rencong 2018 ini, polisi lebih memprioritaskan pengamanan untuk dua daerah itu yang memiliki rumah ibadah umat Nasrani sedikit lebih banyak dari daerah lain di Aceh. Ada sekitar 400 personil tambahan untuk dua kabupaten itu, diluar 2.100 personil pengamanan natal dan tahun baru,” kata Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Hendro Wahyudin, Jumat (21/12).

Hal itu dikatakan Kombes Pol Hendro, usai mengikuti apel gabungan operasi lilin rencong 2018 dihalaman Mapolda Aceh yang diikuti sejumlah instansi terkait seperti Perhubungan, Jasa Raharja, Sat Pol PP, Basarnas.

Kata Hendro, kegiatan ini merupakan operasi terpusat dan untuk wilayah Aceh dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. “Ini operasi kemanusian yang bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sebelum, saat dan setelah Natal dan Tahun Baru 2019,” kata Hendro.

Ia menjelaskan, personil yang dilibatkan terutama polisi berjumlah 655 personil, baik itu dari Poda Aceh maupun Polres sejajaran dan jika bersama dengan instansi terkait lainnya berjumlah 2.100 personil.

Sasaran operasi, katanya, meliputi tempat-tempat ibadah, kemudian tempat wisata, sentral ekonomi, sentral tempat kegiatan masyarakat, serta tempat-tempat yang berpontesi kecelakaan, pelanggaran muapun musibah alam seperti banjir dan tanah longsor.

Untuk pos, Polda Aceh telah menyiapkan 75 pos pengamanan. 54 pos PAM, 21 pos pelayanan yang ditempatkan di tempat objek wisata. Sedangkan pos PAM ditempatkan di daerah rawan bencana alam. “Segala kemungkinan yang terjadi harus kita antisipasi, untuk mewujudkan keamanan yang kondisi, termasuk juga menyiapkan personil siap siaga di beberapa titik rawan tanah lonsor maupun banjir.

Sebelumnya, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak menyematkan pita sebagai tanda dimulainya operasi lilin rencong 2018 pada tiga perwakilan yang dilibatkan. (bai)