Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 23 Dec 2018 13:59 WIB ·

21 Ribu Warga Ikuti Tausiah UAS


 Tausyiah subuh dan peringatan 14 tahun bencana alam Linon dan Smong (gempa bumi dan tsunami), oleh UAS di Masjid Agung Tgk Khalilullah, Kabupaten Simeulue. Sabtu (23/12). Ahmadi/Rakyat Aceh. Perbesar

Tausyiah subuh dan peringatan 14 tahun bencana alam Linon dan Smong (gempa bumi dan tsunami), oleh UAS di Masjid Agung Tgk Khalilullah, Kabupaten Simeulue. Sabtu (23/12). Ahmadi/Rakyat Aceh.

SIMEULUE (RA) – Diperkirakan sekitar 21 ribu warga Simeulue, tumpah ruah menyaksikan dan mendengarkan langsung tablik akbar dan tausyiah, Ustad H Abdul Somad, selama dua hari, Sabtu-Minggu (22-23/12).

Puluhan ribu warga yang tumpah ruah, untuk menyaksikan dan mendengar langsung, ceramah agama UAS yang digelar di dua lokasi, yakni tablik akbar Maulid Nabi Muhammad SAW di alun-alun pendopo Bupati Simeulue dan tausyiah Subuh, di Masjid Agung Tgk Khalilullah.

“Selama dua hari ceramah agama tablik akbar Maulid Nabi Muhammad SAW dan tausyiah subuh, yang dilaksanakan di dua lokasi, dihadiri sekitar 21 ribu orang,” kata Ibnu Abas, panitia pelaksana serta selaku ketua Yayasan Udep Saree Dayah Babul Huda, kepada Harian Rakyat Aceh, Minggu (23/12).

Dia merincikan, tablik akbar Maulid Nabi Muhammad, di lapangan pendopo, dihadiri 15 ribu warga dan tausyiah subuh di Masjid Agung Tgk Khalilullah, juga dihadiri sekitar 6 ribu warga dan sebelum meninggalkan Kabupaten Simeulue, UAS mengunjungi makam Tgk Khalilullah atau Tgk Diujung, salah seorang ulama besar, yang mengislamkan warga Simeulue pada masa lampau.

“Sesuai jadwal, siang ini UAS akan bertolak dari Simeulue menuju Lhokseumawe, namun sebelum UAS berangkat menunggu pesawat udara, maka UAS dan rombongan mengunjungi makam ulama besar, Tgk Khalilullah yang berlokasi di Kecamatan Simeulue Cut,” imbuhnya.

UAS Minta Pers Perkenalkan “Smong Simeulue”
Dalam tausyiah Subuh UAS di Masjid Agung Tgk Khalilullah, sekaligus peringatan 14 tahun Gempa Bumi dan Tsunami Aceh, yang mengajak dan meminta jurnalis dan media massa, untuk memperkenalkan nama “Smong” salah kearifan lokal yang turun temurun dan telah menyelamatkan warga Simeulue dari bencana alam.

“Capek saya cari di kamus-kamus Indonesia, tapi tidak ketemu kalimat Smong, padahal kearifan lokal ini telah menyelamatkan warga Simeulue dari atau gelombang besar yang berasal dari laut, maka wahai bapak-bapak wartawan dan wahai insan pers, perkenalkan kalimat Smong ini kepada masyarakat dunia internasional,” kata UAS dalam tausyiahnya.

Dia menambahkan, asal muasal kalimat Smong yang digunakan para nenek moyang warga Simeulue, karena ratusan tahun lalu pernah bencana alam ombak besar yang datang dari laut naik kedaratan setelah gempa bumi, sehingga kalimat Smong menjadi salah satu bahasa turun temurun serta menjadi kearifan lokal deteksi air laut naik ke darat, seperti bencana alam Desember 2004 lalu.

Masih menurut Ustad Abdul Somad AS, bahwa kalimat tsunami, yang berasal dari bahasa Jepang yang diartikan dalam bahasa Indonesia, bahwa ombak besar pelabuhan yang naik kedaratan, serta peringatan dan mengenang 14 tahun Smong atau Tsunami Aceh, tidak dilarang dan bukan Bida’ah.

Sebelumnya, Bupati H Erly Hasim dalam sambutannya, menyebutkan tausyiah subuh di Masjid Agung Tgk Khalilullah Kabupaten Simeulue itu, sekaligus untuk peringatan 14 tahun Tsunami Aceh, sengaja dipercepat dari jadwal semula, yang diagendakan tanggal 26 Desember 2018.

“Karena ada Ustad Abdul Somad, maka tausyiah subuh ini, sekaligus memimpin untuk mengenang dan peringatan 14 tahun Smong atau Tsunami Aceh, kita Pemerintah Kabupaten Simeulue, sengaja mempercepat, meskipun jadwal sesuai kalendernya pada tanggal 26 Desember 2018,” kata Erly Hasim dalam sambutannya. (ahi/mai)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH