Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 27 Dec 2018 07:09 WIB ·

Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah Sayembara Qira’atul Kutub


 Dewan juri dari Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah dan dari Dayah Ulei Titie.
Rakyat Aceh Perbesar

Dewan juri dari Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah dan dari Dayah Ulei Titie. Rakyat Aceh

LAMBARO (RA) – Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah Gampong Kayee Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (25/12) menggelar acara sayembara Qira’atul Kutub yang diikuti oleh santri dayah tersebut.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang akan digelar pada tanggal 12 Januari 2019 dengan penceramah Tgk H Husaini (Waled) yang juga Wakil Bupati Aceh Besar.

Acara pembukaan sayembara ini dibuka oleh Keuchiek Gampong Kaye Lee, Mukhtar, dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat ukhwah islamiah antara sesama santri, melatih diri dalam mengamalkan kitab-kitab yang selama ini dipelajari dengan cara menghafal, kegiatan ini berlangsung di Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah selepas salat Isya dan dihadiri peserta Qiraatul Kutub serata masyarakat sekitar.

Sementara itu pimpinan Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah, Gampong Kaye Lee, Tgk H Munir Abd Al-Asyie (Abu Munir) mengatakan ada tiga kegiatan inti dalam sayembara ini, yang pertama qira’atul kutub atau surah kitab kuning, kedua pidato dan ketiga hafalan.

“Kegiatan ini diikuti oleh santri dayah baik yang mondok maupun santri yang tinggal di Gampong Kaye Lee dan sekitarnya,” ujarnya.

Abu Munir menambahkan sebagai dayah Salafie dengan jumlah dewan guru 14 orang dan santri lebih kurang 172 orang, termasuk yang mondok sebanyak 48 orang bersal dari kabupaten/kota ini fokus terhadap pengembangan ilmu pendidikan agama termasuk kegiatan Qira’atul Kutub yang sedang dilaksanakan ini.

“Tujuan memperkuat daya ingat santri dan memperdalam ilmu yang selama ini santri dapatkan serta mempersiapkan generasi bangsa dan agamais sesuai dengan tututan syariat islam yang telah digariskan oleh Allah dan rasulnya dalam Alquran dan hadis,” ujarnya.

Dewan juri yang dilibatkan dalam sayembara ini berasal Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah dan dari Dayah Ulei Titie. “Pengumuman juara akan diumumkan pada malam perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW pada tanggal 12 Januari 2019 nanti,” tutup Abu Munir. (ril/rif)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Brigjen Marzuki Ali Basyah Jabat Kepala BNN Aceh

26 March 2024 - 22:35 WIB

Tropicana Slim Demo Takjil Bulan Ramadhan Cegah dan Lawan Diabetes

26 March 2024 - 14:54 WIB

Trending di METROPOLIS