Jadikan Hobi sebagai sesuatu bernilai jual dan memiliki dampak positif

Karya Amirah dan teman-temannya/Ra/Lizza

Banda Aceh (RA) – Amirah Ulfah ialah seorang mahasiswi tahun akhir asal Aceh di jurusan Hubungan International  (HI) President University, Bekasi, Jawa Barat. Sejak kecil amirah sangat menyukai bidang kerajianan tangan dan keterampilan,dan pekerjaan ini juga kerap menjadi hobbynya di waktu senjang seperti di luar jam kuliahnya.

 

 

Meskipun studi di jurusan Hubungan Internasional (HI) mewajibkan amirah untuk lebih banyak membaca dan menulis, tetapi amirah tetap menyempatkan waktu luang untuk melakukan hobbynya sebagai kegiatan yang relaxing di tengah-tengah kesibukan melakukan tugas akhir  kuliahnya. Amirah merupakan Dara kelahiran Aceh, yang lahir 21 tahun yang silam, ia lahir di Aceh Besar 12 Oktober 1997,anak kedua dari tiga bersaudara.

 

Amirah secara berkelanjutan terus mengasah kemampuan non-akademiknya melalui hobby yang ia sukai melalui jaringan internet  Bahkan hal ini telah mengantarkannya untuk dapat berbisnis dengan hasil karya tangannya.

Memahami perkembangan tegnologi digital saat ini, Amira sering memanfaatkan media sosial  sebagai sumber inspirasi dan mempublikasikan hasil karyanya melalui instagram,line,wathsaap,faceebook,dll dengan harapan juga untuk menjadi inspirasi bagi pecinta handmade dan seni lainnya.

 

Amira memulai bisnisnya sendiri namun belum memberikan fokus pada produk apa yang akan dikerjakan,karena banyak  pesanan diterima dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan apa yang diinginkan pemesan.

Hal ini berlanjut hingga tahun 2017. Dan Pada awal tahun 2018, akhirnya Amira dibantu oleh dua temannya yang juga menyukai pekerjaan tangan seperti Amirah, kebetulan mereka memiliki hobby yang sama,  jadi mereka juga memutuskan untuk ikut joint dengan Amirah membuka jasa pembuatan bingkisan wisuda mereka fokus pada tiga jenis produk saja .Dan sejak itu, jumlah pemesan terus bertambah.

 

Dalam Ketekunannya  mengembangkan hobbynya tersebut, amirah sering menjadi perhatian teman teman di lingkungan dan dikampusnya,Sesekali ia mendapat pesanan khusus dari mereka untuk bingkisan ulang tahun dan hari spesial lainnya. pesanan diterima dalam berbagai macam bentuk sesuai dengan apa yang diinginkan pemesan dan harganya dimulai dari 85.000 sampai dengan 100.000,- . Sejak itu, jumlah pemesan Amirah  terus bertambah. Secara tidak langsung dari orderan yang Amirah terima kemampuan amirah juga bisa terus terasah.

 

 

Dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan ini , selain dari bahan yang diperluka untuk karyanya dia juga memperlukan jaringan yang baik tentunya,amirah lebih memilih jaringan komunikasi dari telkomsel, amirah dan teman-temannya  mengunakan kartu hallo,karena menurut amirah telkomsel adalah jaringan yang medukung bisnisnya ini  untuk mempublikasi hasil karyanya,tampa lelet,ungkapnya.

 

Bagi Amira sendiri, hobby yang seseorang miliki sepatutnya menjadi media untuk refreshing di tengah-tengah kesibukan utama seperti belajar dan bekerja. Namun akan menjadi lebih baik, jika hobby yang dijalankan  selain untuk relaksasi diri namun tetap produktif dan memiliki dampak yang positif bagi kalangan anak muda tentunya. agar banyak pemuda yang lebih kreatif lagi, karena hobby yang benar benar kita jalani dan kita fokus dengan hobby kita,  insya Allah  kalau bisnis kita berjalan lancar otomatis kita akan menciptakan lapangan kerja .

 

Dan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini sangat dianjurkan seperti memanfaatkan media daring sebagai sumber inspirasi maupun media pembelajaran. Amira juga  sering menggunakan aplikasi pinterest untuk melihat ide-ide menarik yang disediakan,dan  Instagram untuk melihat hasil karya para pecinta seni kreatifitas serta youtube untuk melihat tutorial. Hal ini akan sangat bermanfaat ,Amira  juga memilih bisnisnya ini  sebagai media menyalurkan hobi, sehingga meraih pendapatan tambahan bahkan tabungan.(lizza/Ra).