28 Warga Keracunan Usai Kenduri

28 Warga Keracunan Usai Kenduri

SIGLI (RA) – “Anak saya muntah-muntah, selain itu juga diare, langsung saya larikan ke rumah sakit, tenyata di sana juga banyak warga saya yang mengalami hal sama.

Mereka baru saja menyantap makanan di kenduri Maulid Gampong Didoh,” Ungkap M. Adam pada wartawan, di Rumah Sakit Umum Tgk. Abdullah Syafiie, Bereunuen, Kabupaten Pidie.

Tercatat sebanyak 28 orang warga Ganpong Rinti, Kemukiman Ujong Rimba, Kecamatan Mutiara, mengalami keracunan makanan dan harus dilarikan kerumah sakit, Kamis (27/12).

Adam, mengatakan dari semua jumlah korban, dua anaknya juga menjadi korban keracunan makanan. Ia mengatakan, warga saat itu baru saja menghadiri acara peringatan maulid Nabi di Gampong tetangga, yakni Desa Didoh.

Direktur RSUD Tgk Abdullah Syafiie, dr. Aci Erfiyan, pada wartawan membenarkan adanya pasien yang diduga mengalami keracunan masal berasal dari Gampong Rinti.

Pasien keracunan tersebut, mulai mendatangi rumah sakit sekitar pukul 14.00 WIB, hingga malam terus bertambah, mereka semua dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Mereka dilaporkan sudah berangsur sembuh dan sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Pihaknya juga masih mendalami jenis makanan apa, yang mengakibatkan warga tersebut keracunan, data sementara pihaknya menyatakan sebanyak 12 anak-anak dan 15 warga, yang berobat di rumah sakit. Untuk penyakit yang dialami para pasien, warga mengalami demam dan diare, kondisinya lemas dan sudah diinapkan di rumah sakit.

“Kondisi masih 27 pasien sampai pagi tadi masih ditempatkan dirawat inap, satu orang sudah dibawa pulang. Mengenai jenis keracunannya, kami sudah mengirim sampel makanan untuk diuji di laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie. Jika sudah ada hasil, nanti kami sampaikan ya,” pungkas Aci. (zia/mai)