Longsor Sukabumi, 9 Orang Tewas dan 34 Orang Diduga Tertimbun

Warga, Tim SAR, dengan dibantu anggota TNI-Polri bahu-membahu mengevakuasi korban longsor di Sukabumi (Istimewa)

Harianrakyataceh.com – Proses evakuasi terhadap korban longsor di Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terus dilakukan. Tim SAR sedikitnya telah menemukan sembilan orang tewas dalam musibah yang terjadi pada Senin (31/12) kemarin.

“Pada hari ini hingga ditemukan sembilan  orang meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Selasa (1/1).

Selain itu, terdapat empat orang luka-luka, 34 orang belum ditemukan dan 61 orang mengungsi. Posko Tanggap Darurat di Desa Sirnaresmi tercatat 32 kartu keluarga atau sebanyak 107 jiwa terdampak longsor.

Sutopo menuturkan, tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dan masyarakat masih terus melakukan pencarian terhadap 38 orang korban yang diduga masih tertimbun longsor.

“Pencarian masih dilakukan secara manual karena alat berat sulit didatangkan di lokasi bencana. Tiga alat berat sudah disiapkan namun masih sulit didatangkan ke lokasi karena akses jalan yang sempit, berbukit dan medannya berat,” ucapnya.

Lebih jauh Sutopo menuturkan, longsor susulan masih terjadi meski intensitasnya kecil. “Kondisi tanah saat ini rapuh, terurai dan berlumpur akibat hujan sehingga menyebabkan tim SAR kesulitan mencari korban,” pungkasnya.

(rdw/JPC)