Iran Bersiap Kirim Kapal Perang Ke Samudera Atlantik

Kapal Perang / Net

Harianrakyataceh.com – Angkatan Laut Iran akan mengerahkan kapal perang ke Atlantik mulai Maret tahun ini

“Samudra Atlantik jauh dan operasi armada laut Iran mungkin memakan waktu lima bulan,” kata komandan tertinggi Angkatan Laut, Laksamana Muda Touraj Hassani seperti dimuat Reuters.

Dia mengatakan bahwa kapal perusakan yang baru dibangun Iran itu diberi nama Sahand. Kapal ini akan menjadi salah satu kapal perang milik Iran.

Sahand memiliki dek penerbangan untuk helikopter serta dilengkapi dengan senjata anti-pesawat dan anti-kapal, rudal darat-ke-permukaan dan rudal darat-ke-udara serta memiliki kemampuan peperangan elektronik.

Hassani pada bulan Desember kemarin, mengatakan bahwa Iran juga akan segera mengirim dua hingga tiga kapal perang dalam misi ke Venezuela.

Angkatan Lauit Iran telah memperluas jangkauannya dalam beberapa tahun terakhir dengan meluncurkan kapal-kapal di Samudra Hindia dan Teluk Aden untuk melindungi kapal-kapal Iran dari perompak Somalia.

“Dengan kehadiran mereka yang terus-menerus di perairan internasional, pasukan angkatan laut Iran bertujuan untuk melaksanakan perintah panglima angkatan bersenjata (Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei), mengibarkan bendera Republik Islam Iran, menggagalkan plot Iranophobia, dan mengamankan rute pengiriman,” kata Hassani. [mel]