Kembangkan Program Kemitraan

Tafaul Rijal, Community Relation Coordinator PT LCI didampingi Imuem Mukim Lhamlhom dan Imuem Mukim Leupung melihat langsung kondisi bantuan kandang dan sapi di Desa Meunasah Buetong, Kemukiman Lhamlhom, Kecamatan Lhoknga. Rakyat Aceh

PT LCI Sumbang 30 Ekor Sapi

LHOKNGA (RA) – Memanfaatkan kebutuhan pasar yang tinggi, ketersediaan lahan dan keahlian masyarakat dalam beternak sapi, PT Lafarge Cement Indonesia melakukan serah terima bantuan 30 ekor sapi sebagai bagian dari program penggemukan sapi untuk lima kemukiman di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung, Rabu (9/1).

Penyerahan bantuan secara simbolis di desa Meunasah Buetong, Kemukiman Lhamlhom, Kecamatan Lhoknga, turut dihadiri oleh para imuem mukim, geuchik, tokoh masyarakat dan perwakilan manajemen PT LCI.

Dukungan ini juga merupakan lanjutan dari program-program pemberdayaan yang telah berjalan, khususnya dalam menjadikan sapi sebagai salah satu sumber penghasilan yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Program pengembangan ternak sapi di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung memiliki potensi yang cukup besar untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Hal ini didukung dengan beberapa faktor seperti lahan yang memadai serta pengalaman masyarakat yang pada umumnya adalah peternak,“ ujar Tafaul Rijal – Community Relation Coordinator PT Lafarge Cement Indonesia.

Selain memberikan sumbangan ternak sapi, PT Lafarge Cement Indonesia juga membantu dalam penyelarasan fasilitas kandang dan pompa air untuk memudahkan pengelola dalam melaksanakan kegiatan pembersihan kandang, pengadaan bibit sapi layak penggemukan, penyiapan tanaman pakan, obat-obatan serta latihan/orientasi peternak.

Tafaul juga menegaskan bahwa usaha ini memiliki komitmen untuk berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi gampong dengan adanya pembagian hasil bersama gampong-gampong tersebut.

“Tentunya dalam menjalankan semua program-program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, kami selalu berdiskusi bersama dengan masyarakat dengan melihat potensi dari tiap-tiap lokasi sehingga program tersebut bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat serta taraf hidup masyarakat yang lebih baik,” lanjut Tafaul.

Program yang termasuk dalam pilar CSR pengembangan ekonomi ini, telah dimulai sejak tahun 2017. Program ini terus berkembang ke gampong-gampong lainnya.

Sejauh ini PT LCI telah membantu sebanyak 112 ekor sapi untuk bibit penggemukan yang tersebar di beberapa gampong dalam wilayah Kecamatan Lhoknga dan kecamatan Leupung.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT Lafarge Cement Indonesia. Kami sangat terbantu karena selama ini modal adalah kendala utama yang kami hadapi.

Sebagian keuntungan yang didapatkan dari penjualan sapi ini, akan kami bagi kepada gampong melalui BUMG untuk digunakan untuk pengembangan BUMG lainnya atau keperluan sosial masyarakat di gampong,” ujar Muslem, Ketua BUMG Gampong Lamkruet, Kecamatan Lhoknga. (ril/rif)